Selasa, 26 Juli 2011

PIRATES COUNTRY (NEGERI PEMBAJAK)

Malam itu,gw benar benar merasa bosan??
Kerjaan gw Cuma guling-gulingan aja di kasur sembari smsan,kalaupun ada yang lain paling Cuma sebatas oL.
Lagi asyik asyiknya smsan eh si merah(nama hape gw sony W910i) keypadnya pada rusak??pada mental keluar dari tempatnya.
Gw ga panik,malah agak memaklumi sebenarnya..haha
Yah maklumlah,si merah gw beli sudah agak lama juga??sekitar tahun 2008,dan itupun belum pernah mengalami kerusakan berarti.
Tapi belakangan,si merah agak sering ngambeknya??dari masalah fleksibel hingga ke masalah keypad.
(Untung hape,coba aja kalo pacar??beuh..ud pasti gw tinggalin dah..:P)
Yaudalah,mungkin ini memang sudah saatnya buat ganti sparepartnya.



-_-


Saat itu masih jam 19.30,akhirnya gw pun memutuskan untuk pergi ke PGC (Pusat Grosir Cililitan).
Di PGC gw segera parkir di basement,pikiran gw saat itu benar benar ga bisa teralihkan dengan apapun yang berada disana??Niat gw Cuma untuk betulin si merah.
Yah walau sebenarnya agak ngelirik juga seh tiap liat yang bening bening..hahaha
Dari basement gw segera menuju ke lantai 4,tepatnya menuju ke salah satu gerai yang berada di sana.
Gw tahu gerai ini dari temen kampus gw,Juli.
Ini adalah salah satu keahlian Juli,yah maklumlah dia bekerja pada salah satu service centre handphone geto (tapi tetep aja dipanggilnya tukang hape kalo di kampus..hehe).
Jadi waktu itu si merah lagi rusak fleksibelnya,sebenarnya sudah agak lama rusaknya.
Cuma karena gw orangnya agak rajin (malasnya),dan sekalipun niat betulin tapi apes gw ga ada duitnya..ckckck
Yah bayangin aja,untuk ganti fleksibel di gerai resmi sony bisa mencapai ratusan ribu,itu yang resmi loh belum yang ecek ecek.
Kalau di gerai yang ecek ecek/ilegal/counter harganya ga ada yang beda jauh,antara Rp 150-200 ribu.
Sedangkan kalau sama Juli harganya Cuma Rp 7500,yuph 7500 rupiah.
Parah kan bedanya..ckckck
Eniwei akhirnya gw sampai di tempat yang gw tuju,beruntung banget karena itu tempat belum tutup.
Juli pernah ngomong sebelumnya kalau itu gerai sebelum jam 8 malam biasaya sudah tutup.Mungkin karena suasana masih agak ramai dengan pelanggan jadi mereka belum tutup dulu.
Saat itu sedang ramai,dan pelanggannya kayanya mafia hape semua.
Sok tau lo ndar??
Yah abis pada ahli banget bongkar pasang hapenya??mereka Cuma beli sparepart dari sana dan memasangnya sendiri.
Gw pun dengan segera menanyakan kepada mbak mbak yang jaga disana
“Ya mas ada yang bisa saya bantu”ujar si mbak memulai pembicaraan
“Maaf mbak chasing hape untuk sony W910i ada ga yah??”jawab gw yang langsung diiyakan oleh mbaknya,dan kami pun menikah bahagia untuk selamanya(loh kok ga nyambung :P)
Si mbak langsung mencari pesanan gw,dan dia pun kembali dengan mimik yang agak sedih seperti ingin mengatakan “Maaf mas tapi mas kurang beruntung hari ini”.
“Maaf mas stok barangnya lagi kosong”ujar mbaknya lagi
Sialll!!!!!!
“Ohhh..geto y mbak,hemm tapi kalo untuk chasingnya sendiri harganya sekitar berapaan yah??”Tanya gw lagi yang masih penasaran
“Sekitar Rp 70-75 ribu mas”jawab mbaknya singkat
Wow..kalau di gerai resmi bisa mencapai Rp 200 ribuan.
“Hemm kira kira barangnya ada kapan yah mbak??”
“Wah kalau masalah itu kurang tahu juga deh mas,tergantung dari sananya juga seh yah”ujar mbaknya seraya tertawa kecil.
Gw pahamlah maksud mbaknya,maklumlah semua yang ada disana tuh kebanyakan produk ilegal. Dan rata rata seh Made in China!!
Jadi emang gak sulit kalau menentukan kepastian waktunya.
“Yaudahlah, makasih ya mbak”Ujar gw seraya tersenyum dan segera berlalu dari sana.
Gw segera menuju ke basement,waktu saat itu masih menunjukkan pukul 20.10 wib.
Dalam perjalanan ke bawah gw melihat baju baju bola geto??hemm..tiba tiba muncul niatan gw untuk berkunjung ke tokonya baju bola punya mbak Mery.
Mbak Mery adalah toko Baju bola langganan gw,letaknya berada di seberang PGC.Tepatnya dekat Polsek Cililitan.
Eniwei bagi yang pernah ke PGC tuh pasti tahu kalo di basement bawah PGC tuh banyak banget tukang VCD/DVD bajakan.
Awalnya gw ga terlalu tertarik buat ngeliat,sampai akhirnya mata gw melirik sesuatu yang sangat gw sukai.
Itu adalah ONE PIECE (manga dari jepang),dan kebetulan gw juga mengoleksi beberapa DVD dan terutama seh komiknya.
Gw langsung berhenti dulu buat ngeliat liat,si mbaknya yang dandannya agak lumayan menor segera melayani.
“Ada yang bisa saya bantu mas??”
“Hemm..One Piece Sudah sampai nomor berapa yah mbak??”
“Ohh..sudah sampai nomor 43 mas”jawab mbaknya seraya memberikan kaset yang dimaksud.
Gila,cepet banget??terakhir gw beli tuh masih episode 29..ckckck
Lagi asik asyiknya liat koleksi One piece,pandangan gw teralihkan oleh sebuah film yang sedang diputar di Tv (di penjual Dvd jaman sekarang kan sudah pasti ada tuh,sekedar buat tempat ngetes isi kasetnya)
Awalnya gw ga terlalu nyimak,sampai pada akhirnya muncullah si autobot??
Gw segera bertanya tanya,dan segera bertanya sama mbaknya.
“Maaf mbak,itu film Tranformer yang ketiga yah??”tanya gw yang segera dijawab dengan anggukan oleh mbaknya.
Yuph itu adalah film Transformer 3 “dark of The moon”
Hahh..gw takjub karena setahu gw seh ini film belum edar deh di Indonesia??katanya seh gara gara kebijakan dari pemeritah kita sendiri yang menetapkan tarif bea masuk film asing yang agak tinggi.
Belum selesai keterkejutan gw si mbak segera mengejutkan gw lagi,kayanya si mbak tahu dan segera memanfaatkan kondisi (yah namanya juga pedagang).
“Mas mau beli film yang ini juga ga”ujar mbaknya seraya memperlihatkan sebuah kaset di tangannya.
Hening
Gw diem dulu karena sempet ga yakin itu film apa??
Bukan..itu bukan film “Pocong datang bulan”,bukan..itu juga bukan film “Kuntilanak Perawan”??
Hheissss... itu juga bukan film “Wewe gombel bercelana dalam”!!
Gw baru yakin setelah melihat cover kasetnya dengan seksama??disana ada pria berkacamata dengan seorang pria berambut merah dan seorang wanita berambut coklat disampingnya.
Ya itu adalah film Harry Potter!!
Awalnya gw pikir yang ditawarin kalau ga yang “the half blood prince” kalau ga “Deathly hallows part 1”.
Tapi gw salah,ternyata itu memang Harry Potter and the Deathly Hallows part 2.
Wuooooowwwwwwwwwwwwwwwww......................... . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ! ! ! ! ! ! ! ! ! !
“Mbak itu beneran Harry Potter yang terbaru??”Ujar gw antusias seperti anak kecil yang ngeliat permen.
“Iya”jawab mbaknya singkat
“wow..kok udah ada aja yah mbak”tanya gw lagi
“Yah si mas kemana aja,ini kaset udah hampir 2 minggu yang lalu kalee”
Jegerrrrrrrrrrr...bumi gonjang ganjing,langit komat kamit,mukanya si tukul amit amit!!
Yang jelas,gw agak shock juga ngedenger kata kata dari mbaknya
Gimana ngga??gw aja ampe setengah budeg nungguin ini film keluar di bioskop.
Eh kenyataannya?????????????
Hadehhhhh...........................ampun -___-zzz
Dan selanjutnya,yah untuk selanjutnya??
Yah untuk cerita selanjutnya kayanya ga perlu gw ceritain deh!!yang jelas gw pulang dengan niat untuk menonton secepatnya..hehe

-__-

Selesai dari PGC,gw pun segera menuju ke tempat peristirahatan eh tujuan terakhir gw yaitu Toko baju bola Bu Mery.
Karena hobi gw main futsallah gw jadi mengetahui tempat ini.
Sebenarnya gw ga punya tujuan apa apa kesana,Cuma ingin melihat lihat aja.
Eniwei gw tahu tempat ini juga sebenarnya masih baru dan karena ketidaksengajaan.
Awalnya kalau beli baju bola gw selalu pergi ke Jatinegara,gw selalu membelinya di dekat PGJ (Pusat grosir Jatinegara).
Awal mula gw tahu tempat ini juga karena iseng iseng aja,jadi sehabis dari Jatinegara dan membeli baju bola timnas Jerman gw mampir ke sana.
Sebenarnya gw sudah sering melihat ini tempat,secara ini adalah jalur main+kerja+kuliah gw.
Tapi entah kenapa gw seperti meremehkan dan males banget kesana walau Cuma sekedar mampir.
Yuph mungkin seperti pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”,seperti itulah mungkin kiasan gw dan tempat ini.
Di tempat ini baju bolanya terhitung murah,kualitasnya juga lumayan baik yah walaupun masih terhitung barang imitasi.
Kualitas baik tapi bahan agak kasar Cuma sekitar Rp 15000,kalau kualitas baik berbahan halus sekitar Rp 30000.
Untuk yang harganya 30ribu bahannya enak banget,sama persis deh sama baju bola yang harganya ratusan ribu bahkan yang jutaan.
Kaos kaki dan celana bola juga murah,yah intinya seh di sana adalah surganya para pencari baju bola.
“Eh ade apa kabarnya??sudah lama sekali ga kesini??”sapa Bu Mery dengan logat bataknya saat pertama ngeliat gw
“Baik bu..hehe”gw hanya menjawabnya dengan sedikit tawa
“Mau beli apa neh,lagi banyak barang baru loh sekarang”Ujarnya lagi
“hemm..mau liat liat aja dulu deh Bu”jawab gw sembari melihat lihat baju baju disana.
Banyak hal yang ga gw sangka disana,mulai dari menemukan baju Real Madrid,Barca,Muenchen,City,Milan,Inter,Juve,Celtic hingga klub kesukaan gw yaitu Manchester United.
Dan itu semua kostum baru untuk season 2011/2012 nanti.
Perasaan gw baru liat baju barunya Madrid pas kemarin malam,ketika nonton acara olahraga.
Selesai dari PGC,gw pun segera menuju ke tempat peristirahatan eh tujuan terakhir gw yaitu Toko baju bola Bu Mery.
Karena hobi gw main futsallah gw jadi mengetahui tempat ini.
Sebenarnya gw ga punya tujuan apa apa kesana,Cuma ingin melihat lihat aja.
Eniwei gw tahu tempat ini juga sebenarnya masih baru dan karena ketidaksengajaan.
Awalnya kalau beli baju bola gw selalu pergi ke Jatinegara,gw selalu membelinya di dekat PGJ (Pusat grosir Jatinegara).
Awal mula gw tahu tempat ini juga karena iseng iseng aja,jadi sehabis dari Jatinegara dan membeli baju bola timnas Jerman gw mampir ke sana.
Sebenarnya gw sudah sering melihat ini tempat,secara ini adalah jalur main+kerja+kuliah gw.
Tapi entah kenapa gw seperti meremehkan dan males banget kesana walau Cuma sekedar mampir.
Yuph mungkin seperti pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”,seperti itulah mungkin kiasan gw dan tempat ini.
Di tempat ini baju bolanya terhitung murah,kualitasnya juga lumayan baik yah walaupun masih terhitung barang imitasi.
Kualitas baik tapi bahan agak kasar Cuma sekitar Rp 15000,kalau kualitas baik berbahan halus sekitar Rp 30000.
Untuk yang harganya 30ribu bahannya enak banget,sama persis deh sama baju bola yang harganya ratusan ribu bahkan yang jutaan.
Kaos kaki dan celana bola juga murah,yah intinya seh di sana adalah surganya para pencari baju bola.
“Eh ade apa kabarnya??sudah lama sekali ga kesini??”sapa Bu Mery dengan logat bataknya saat pertama ngeliat gw
“Baik bu..hehe”gw hanya menjawabnya dengan sedikit tawa
“Mau beli apa neh,lagi banyak barang baru loh sekarang”Ujarnya lagi
“hemm..mau liat liat aja dulu deh Bu”jawab gw sembari melihat lihat baju baju disana.
Banyak hal yang ga gw sangka disana,mulai dari menemukan baju Real Madrid,Barca,Muenchen,City,Milan,Inter,Juve,Celtic hingga klub kesukaan gw yaitu Manchester United.
Dan itu semua kostum baru untuk season 2011/2012 nanti.
Perasaan gw baru liat baju barunya Madrid pas kemarin malam,ketika nonton acara olahraga.
Tapi ini??
Gw seh seneng seneng aja tapi kok ada perasaan yang ngeganjel yah??
Terlebih lagi ketika gw menemukan baju yang memang sedang sangat mengganggu pikiran gw??tiap malam gw selalu bermimpi untuk mengenakannya (lebay yah..haha)
Baju itu yaitu baju away/tandangnya MU yang terbaru (warna biru strip hitam).
Gw cukup lama melihat neh baju sembari bergumam dalam hati “pasti ganteng banget dah kalo gw pake neh baju..:P”.
Tapi gw bingung,duit gw tiris??
Mau habis gara gara tergiur film bajakan..hahaha
Pengen rasanya berubah jadi tuyul dan segera kabur dari sana.:P!!
Yah pada akhirnya seh gw memutuskan untuk menahan diri dulu dan segera berpesan singkat sama Bu Mery
“Aku akan datang untukmu”
eh bukan itu tapi “tolong Bu Mery bajunya jangan dikemana manain dulu,saya pasti kembali demi dia”
Dan Bu Mery pun seperti ingin menjawab
“Tenanglah kisanak,akan kujaga amanah darimu ini”
(kok jadi kaya adegan film Brama kumbara yak..ckckck)
Yang jelas gw Cuma berpesan singkat sama bu Mery bahwa gw akan kembali untuk baju ini.
(Tapi sialnya,pas gw datang 2 hari kemudian itu baju sudah keburu dijual sama Bu Mery..ggrrrrrrrrrrrrrrr!!!!!dan gw pun disuruh bersabar untuk beberapa hari dulu,yuph saat itu gw seperti patah hati??cinta yang sudah gw tanam dengan lekat ke baju itu kini hancur berantakan )
Setelah dari sana gw pun pulang menuju hogwarts eh rumah.Dan segera menonton kreasi bajakan dari hasil anak anak Negeri ini tentunya..hehe

NANDAR AWALUDIN 200711

Nb : “Senangkah gw dengan karya bajakan??”
kalo pertanyaan itu yang diajukan gw akan selalu menjawab bahwa gw senang.Selain murah,cepat dan proses belinya juga ga ribet.
Tapi seandainya yang ditanya “Banggakah gw dengan karya bajakan??”
Gw akan selalu menjawab ngga.
Selain karena merugikan penciptanya,produk bajakan juga ga terlalu bagus dan ga tahan lama.
Ada satu pertanyaan mungkin yang akan selalu mengganjal di Negeri ini??
Yuph pertanyaan itu adalah “Salah Siapa Ini??”
Kalau dikatakan salah Pemerintah,yah itu memang benar!!karena biar bagaimanapun Pemerintahlah yang mengatur peraturan/perundang-undangan di Negeri ini.
Kalau peraturan bisa jauh lebih ditegakkan,mungkin yang namanya pembajakan akan lebih berkurang di Negeri ini.
Tapi sayang,itu belum bakal terjadi di Negara katanya katanya katanya ini (Nazarudin.com..:P).
Yah setidaknya untuk beberapa tahun ke depan deh atau mungkin selamanya.
Yah itu bisa saja bukan terjadi,kalau sistem Pemerintahannya masih seperti sekarang.
Apa ini kesalahan tunggal Pemerintah??
Itu salah,sebab tanpa sadar masyarakat kita juga ikut bersalah.
Produk bajakan ini bisa bertahan karena masyarakat kita sendiri??yuph,kalau tanpa mereka takkan mungkin produk ini akan bertahan.
Emang seh ga ada yang salah,karena biar bagaimanapun dalam keadaan Negara yang ga pasti ini,bukankah lebih baik memilih sesuatu yang murah,cepat dan lebih menyenangkan diri.
Tapi kita harus mengaku jujur,bahwa biar bagaimanapun itu adalah sikap yang salah??
APAPUN ALASANNYA!!!!!!
But in the end,i just want to say for all of you my fren “Welcome In the Pirates Country”
Yuph..selamat datang di Negerinya para Pembajak.


Kata Untuk Dunia - Nandar Awaludin


Crunchy : Ahh..prihatin tapi butuh
yah itulah inti dari perjalanan saya malam itu.Maklumlah dengan isi kantong yang pas pasan pasti ga mungkin dong beli barang yang Ori.
Di satu sisi saya tahulah apa yang saya lakukan salah,karena secara ga langsung saya memberdayakan eberadaan para pembajak.Tapi di satu sisi lainnya saya jug membutuhkannya (bukan hanya saya mungkin).
Yah nikamatin sajalah..:P

0 komentar:

Posting Komentar