Jumat, 22 Januari 2016

Korban Meninggal Dalam Berkegiatan di Alam Bebas 3 Tahun Terakhir (2013-2016)

Terhitung sejak Januari 2013 sampai dengan Januari 2016, 59 orang telah menjadi korban hilang dan meninggal dunia saat melakukan aktivitas di alam terbuka. Faktor yang menyebabkan beraneka ragam, antara lain  : cuaca ekstrim, hyporthemia, kehabisan logistik, penyakit bawaan, tersesat dalam waktu yang lama, tersambar petir, terjebak kebakaran hutan, efek selfie berlebihan dan menghirup gas beracun.
59 korban hilang dan meninggal merupakan peringatan serius bagi penggiat pendakian di Indonesia. Hanya dalam jangka waktu hampir 3 tahun saja, jumlah kematian dalam berkegiatan di alam bebas semakin meningkat.



Sesuai hitungan pada gambar, terhitung 19,667 orang meninggal per tahunnya. Lalu 1,64 orang meninggal setiap bulannya dan ada 0,054 orang yang mati setiap harinya. Jadi dalam setiap hari, ada satu bagian tubuh, dari seorang petualang yang mati.
Ini peringatan serius dalam dunia kegiatan alam bebas di tanah air. Dibalik perkembangannya yang pesat, semakin dicintai banyak orang namun hobi ini juga rentan terjadinya korban jiwa. Beberapa kejadian juga terjadi akibat melanggar aturan pendakian yang berlaku .
Berikut adalah daftar ke 59 korban jiwa dalam berkegiatan di alam bebas di Indonesia :

Minggu, 10 Januari 2016

GPS for Android

Reportase ‪#‎mountpedia‬ (mountain ensiklopedia) oleh instagram @gezt_rock tentang GPS for Android :



Ada yang pernah nyasar?? foto ini hasil screenshot saat kami ber-3 turun dan nyasar di gunung sumbing via sipetung,, posisi kami yang bertanda segitiga merah, ya cuman beda punggungan sih tapi terpisah jurang yang dalam, sempat membuat kami frustasi karena saat itu malam hari dan badan sudah capek pastinya, juga jarang sekali pendaki yang lewat jalur ini apalagi saat itu bukan hari libur, kebetulan saat kami naik tidak ada pendaki lain yang lewat jalur ini.
Tapi beruntung kami selalu memakai gps sehingga tahu posisi kami saat itu dalam map (tapi kebiasaan saya kalau turun gak pernah saya aktifkan gpsnya, untuk menghemat batery) dan untuk pertimbangan langkah selanjutnya, dan kami pun tetap melanjutkan turun dengan panduan gps sambil mencari tembusan ke jalur yang benar, akhirnya jam 1 malam kami sampai di basecamp.

Sabtu, 09 Januari 2016

Rumah Botol Gunung Lawu

Doc by @xspheriksx

Bagi yg pernah ke #Lawu via Cemoro Kandang, mungkin gak asing sama bangunan ini. Letaknya di sebelah barat Hargo Dalem.
Rumah ini terbuat dari botol2 bekas/sampah pendaki. Pada bagian dalamnya dindingnya dilapisi bekas kaleng sarden yg diratakan, sehingga membuat hangat. Meskipun terlihat kecil, di dalamnya ternyata cukup luas. Ada tungku perapian, tempat menyimpan kayu, penampungan air, tempat mandi dan bunker.
Bagian atasnya yg seperti tower itu bukanlah senjata pemusnah massal, tapi itu patah karena terkena badai.
Tidak semua boleh menginap disini, hanya kerabat dekat dan untuk kegiatan operasi SAR atau pengamanan gunung Lawu.
Mas Bowo, sang kreator rumah botol mulai mengumpulkan botol2 bekas mulai tahun 2000 dan mendirikan bangunan tersebut yg hingga kini ia anggap belum selesai.

B : Sebenernya aku dulu itu stress, karena gak ada kegiatan ya bikin begini.
J : Lha terus sekarang?
B : Yoo, masih stress.
J : Hahaha, aaoouu.

Beliau memang gila gunung, karena kalo udah naik gunung sampe berhari-hari, bahkan pernah sampai 40 hari nyari tanaman untuk jamu di gunung.
Bahkan anaknya yg baru 5 bulan pun diajak naik ke Lawu, tentunya dgn aklimatisasi terlebih dahulu.
Banyak banget pengalamannya naik gunung. Pernah suatu ketika menggegerkan penghuni Lawu. Ketika itu dia membawa bangkai rusa ke atap rumah botol, dan malamnya langsung didatangi harimau dan mengacak-ngacak bangunan di Hargo Dalem.
Keesokan harinya, Mbok Yem marah2 karena ulahnya itu, soalnya pas mau keluar malah ketemu harimau. Untung, harimaunya gak doyan Simbah-simbah :p

In Frame : Mas Bowo "The Creator" dari rumah botol.
Reportase #mountpedia oleh instagram @xspheriksx
 

Jumat, 08 Januari 2016

Pura Ulun Danu atau Bratan Pura

Pict by instagram @urbanhikersmagazine

Candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan dipegunungan dekat bedugul. Candi ini digunakan untuk upacara persembahan untuk dewi Danu, Dewi Air, danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi.
Danau Bratan dikenal sebagai danau "gunung suci" kawasan yang sangat subur. Terletak pada ketinggian 1.200 meter dan beriklim dingin. Jika kalian kesini pada saat musim penghujan kalian tidak bisa mengambil gambar dengan jelas pura ini karena tertutup kabut. Kabut turun ketika gerimis tiba atau sore.

Biaya masuk perorang
Lokal : 10.000
Interlokal : 30.000

Jika kalian melihat gambar di pecahan uang 50.000, yuph letak gambarnya berasal dari tempat ini.

Kamis, 07 Januari 2016

#mountpedia Orang Bunian dan Legenda Pasar Setan :



Di beberapa gunung,terutama gunung-gunung di daerah Jawa, legenda "pasar setan" ini masih umum didengar. Pasar Setan adalah istilah yg digunakan ketika menemui keramaian pasar (dalam tanda kutip) di jalur pendakian.Makhluk yang biasanya ada dan melakukan kegiatan di pasar tersebut adalah orang bunian/makhluk siluman. Dan seperti yang diceritakan dalam gambar,orang bunian juga mengenal peradaban.
Berikut beberapa cerita yang beredar tentang pasar setan :

1.Pendaki umumnya akan mendengar suara gamelan.
2.Menemui pasar di jalur pendakian. Di pasar itu banyak orang terlihat sedang beraktifitas transaksi jual beli.
3.Pendaki itu akan mengalami musibah seperti hyphotermia atau yang terparah adalah dibuat tersesat dan selalu kembali ke jalur yang sama.

Tentang Tumbuhan Dandelion (Randa Tapak)


Randa Tapak atau Dandelion adalah bagian dari Taraxacum,sebuah genus besar dalam keluar Asteraceae. Nama Randa Tapak sendiri biasa digunakan untuk merujuk kepada sebuah tumbuhan yang memiliki "bunga" yang memiliki "bunga-bunga" kecil yang terbang ditiup angin. Asal asli dari tumbuhan ini adalah Eropa dan Asia, namun sekarang sudah menyebar ke segala tempat di dunia. Yang disebut sebagai bunga dari tumbuhan ini menjadi semacam jam hayati yang secara teratur melepaskan banyak bijinya. Biji-biji ini sesungguhnya adalah buahnya.

Rabu, 06 Januari 2016

Hakim Menghalalkan Bakar Hutan? (Alangkah Lucunya Negeri Ini)



PALEMBANG, KOMPAS — Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang, Rabu (30/12), menolak gugatan perdata senilai Rp 7,9 triliun atas kasus kebakaran hutan dan lahan di konsesi PT Bumi Mekar Hijau pada tahun 2014.
Putusan langsung ditanggapi banding oleh penggugat, yakni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang diwakili kuasa hukumnya, Nasrullah.
Sidang yang disesaki para aktivis, wartawan, rombongan penggugat, dan tergugat ini dipimpin Hakim Parlan Nababan. Majelis hakim menyatakan, menolak seluruh gugatan.
Dalam beberapa pertimbangan, hakim menilai kebakaran tak merusak lahan karena masih bisa ditumbuhi tanaman akasia. Majelis hakim menilai, tanaman akasia turut terbakar sehingga perusahaan itu mengalami kerugian.

"Dibandingkan para penguasa yang tamak.Dunia kriminal masih bisa disebut bermoral. Apa kalian sadar,saat sampah menguasai dunia, maka dunia akan menghasilkan sampah. Paling tidak,kita tidak pernah menutupi kejahatan kita - Kapten Kid (Kapten Bajak Laut Kid - Salah Satu Tokoh Dalam One Piece karya Eiichiro Oda)" 

Sumber Berita : http://print.kompas.com/…/Hakim-Menangkan-PT-Bumi-Mekar-Hij…

ilustrasi oleh instagram @si.bujang

Selasa, 05 Januari 2016

Jenis Frame Tenda, Tips Menguatkannya dan Info Penjual Frame

#mountpedia Frame tenda merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan.Material yg digunakan sebagai bahan dasar frame tenda di Indonesia umumnya terdiri dari 2 yaitu :


1.FIBERGLASS
Bahan ini berharga lebih murah namun cenderung merusak kain tenda& mudah goyah bila terkena angin keras,jg mudah pecah.Bahan fiberglass sangat rentan akan kerusakan karena cenderung mudah retak.Tenda yang menggunakan frame jenis ini sering kita temukan di tenda2 jenis dome& tunnel yg diperuntukkan di gunung2 tropis.Untuk MENGUATKANnya,kalian bisa melakukan tips mudah berikut ini,siapkan lakban lalu lapisi bagian Fiberglass (kecuali bagian ujungnya) dgn lakban tsb hingga bagian yg berwarna hitam tertutup sepenuhnya,namun jangan sampai kaku ya, usahakan masih menyisakan kelenturannya.
#mountpedia Frame tenda merupakan salah satu bagian penting yang harus diperhatikan.Material yang digunakan sebagai bahan dasar frame tenda di Indonesia umumnya terdiri dari 2 yaitu :

Senin, 04 Januari 2016

Lamaran Ala Anak Gunung (Pemeran Utama)

"2 kisah berbeda,1 Jalan Yang Sama."
Maksudnya apa? Jawabannya ada di 2 tulisan dibawah. Diperhatikan ya ^^

foto by instagram @rizqiatullaily