.

Senin, 12 November 2012

Masa Masa Terindukan



Tentang sesuatu yang akan terindukan (About something will be missing)

Beberapa waktu lalu saya menulis sebuah postingan di grup KOPI TUBRUK 31.



Grup apaan tuh ndar??
Well yang jelas itu bukan sebuah sekte sesat atau sebuah ormas. Itu hanyalah grup tempat bernaung teman teman kuliah saya. Biasanya seh jika ada info baru tentang perkuliahan atau sekedar bahan candaan kami akan mempostingnya disana.
Hemm sejak minggu lalu,saya kepikiran buat menulis beberapa hal yang mungkin akan saya rindukan selepas masa kuliah.
Bukan tanpa alasan karena beberapa bulan lagi jika semuanya dilancarkan kami akan segera menghadapi masa akhir dari kuliah kami.

Saat ini kami sedang memasuki pertengahan semester 5 (karena cuma mengambil D3,maka total keseluruhan semester yang mesti dijalani adalah 6 semester).
Ah segala sesuatunya memang cepat berlalu yah,padahal rasanya seperti baru kemarin bertemu dengan mereka.

Saya bahkan masih mengingat saat pertama kali masuk ke dalam kelas. Saya bahkan masih mengingat bagaimana kusamnya wajah beberapa dari mereka. Saya bahkan masih mengingat siapa orang yang pertama kali saya ajak berkenalan. Saya bahkan masih mengingat beberapa obrolan dari beberapa sahabat. Saya bahkan masih mengingat bagaimana malasnya bangun pagi hanya demi kewajiban mengikuti seminar di senayan. Saya bahkan masih mengingat waktu menunggu seorang sahabat di bawah fly over kalibata hanya untuk berangkat bareng ke senayan. Saya bahkan masih mengingat betapa membosankannya seminar pada hari itu hahaha.

Well saya memang belum banyak bercerita tentang teman teman kampus saya,mungkin hanya beberapa tulisan kecil dan beberapa orang yang pernah saya sebutkan.
Bagi yang sudah mengikuti blog ini,pasti tak asing dengan nama nama seperti Fauzi,Iqbal,Dito,Fatur,Nanda,Rohandi,Faisal,Wasis,Deti,Hezti dan Rizki.
Yuph dalam beberapa cerpen nama nama mereka kerap saya (salah) gunakan :P.
Bahkan untuk novel yang sedang saya kerjakan (tapi ga jadi jadi) yaitu Assasin Pray,kebanyakan karakter tokohnya diambil dari teman teman kampus saya.
Dari rupa hingga perawakan.
Hanya penggambaran sifat dari karakter saja yang mungkin sedikit saya ubah demi kebutuhan tulisan.

Jujur !!!
saya selalu bersyukur kepada Tuhan bukan hanya karena bisa kuliah lagi. Saya selalu bersyukur kepada Tuhan karena telah diberikan kesempatan mengenal dan dipertemukan dengan teman teman seperti mereka.
Saya belajar banyak hal dari teman teman saya. Mulai dari mengenal kepribadian,mendapat ilmu baru hingga proses kedewasaan.
Very very a lot of thing!!
Ngomong ngomong kok jadi ngalor ngidul gini yak hahaha

Okeh tanpa basa basi lagi kita kembali lagi ke topik kita semula yaitu hal apa yang sempat saya posting di grup.
By the way saya menulis hingga nomor 23,untuk selebihnya saya serahkan kepada teman teman saya untuk mengisinya (jadi saya melakukan semacam sayembara geto dah di postingan itu,yang saya rasa cocok akan saya masukkan ke dalam blog saya ini hehe).
Well karena beberapa pertimbangan dan yang saya nilai disini adalah nilai estetika dan romantika (apaan coba).
Penilaian saya simple,hal itu pernah dialami dan diketahui oleh kebanyakan dari kami.
Tanpa panjang lebar (kalo kepanjangan kasihan ceweknya kalo kependekan kasian cowonya) inilah dia eng ing eng :
Nb : untuk tulisan utama akan saya buat merah. Sedangkan warna hijau adalah keterangan tambahan.

Hem lagi iseng iseng aja,tiba tiba aja saya kepikiran beberapa hal yang mungkin akan dirindukan selepas masa kuliah.
Sebelumnya saya mohon maaf apabila ada kata yang menyinggung,tapi sungguh hal ini saya tulis cuma sekedar dari bagian waktu luang saya saja.
Well inilah beberapa hal tersebut :

1. Nongkrong di kali belakang
- Bisa dibilang di kampus kami terhitung sulit menemukan tempat tongkrongan. Maklumlah karena letak kampus kami benar benar terletak di pinggir jalan.
Nah beruntungnya,kami menemukan tempat tongkrongan yang terletak tak jauh dari kampus. Sebenarnya ada sedikit campur tangan dari Tuhan juga waktu menemukannya (Tuhan kok ikut campur nemuin tongkrongan. Ada ada aje lo ndar :D).
Lah beneran,waktu itu saya dan beberapa teman lainnya sedang menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat maghrib. Eh pas lewat sana,saya melihat sebuah warung kopi.
Letaknya benar benar persis di pinggir kali. Tempatnya adem,banyak gadis gadis cantik yang lewat pula.
Syahdu dah pokoknya :D

2. Selonjoran di Kopertis
Kopertis apaan tuh Ndar??
Kopertis adalah kepanjangan dari Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta. Yah sebuah badan milik Negara geto deh yang ngurusin Peguruan tinggi Swasta. Eniwei kenapa bisa selonjoran (diambil dari bahasa betawi yang artinya sedang bersantai).
Well itu karena ada 2 orang teman kuliah kami yang bekerja disana yaitu Faisal dan Gata.
Kerja sebagai apa??
Yah yang jelas merekalah tuan rumah disana hahaha
Banyak acara dilakukan disana,mulai dari barbequean,belajar kelompok hingga nobar (nonton bareng) sepakbola. Bisa dibilang kopertis adalah salah satu markas anak anak kampus.

3. Maen game lawan para pecundang :P
Bukan maen gamenya seh yang dikangenin,tapi suasana saat permainannya itulah yang bakalan sangat dirindukan.

4. Ngobrol ngalor ngidul,tau tau udah touring ke puncak
Ini udah lumayan sering kejadian,cuma gara gara 1 provokator langsung pada ngacir jalan jalan ke puncak.

5. Project foto bareng teman
Walau banyak bagian ga jelasnya (ampe dikatain bang toyib sama nyokap) tapi banyak hal baru yang dipelajari. Banyak hal menyenangkan dan yang pasti banyak hal yang akan dirindukan.
Terutama ah masa masa ga jelasnya itu. Saking pengennya nyari objek,ngalor ngidul deh ga karuan.
Sampai lupa dengan yang namanya waktu.

6. Ngopi di pinggiran rel (sambil liat kanan kiri,takut ada kereta yang masih lewat)
Kebetulan rumah salah satu sahabat saya yaitu Fatur terletak di dekat pinggiran rel Kalibata. Dulu (sampai sekarang juga she) saya dan beberapa kawan lainnya sering nginap atau sekedar nongkrong dirumahnya.
Nah karena letak rumahnya emang ga jauh dari rel,jadi ketika kami sedang berada disana terkadang kami memilih untuk nongkrong disana ketika kereta tak ada lagi yang lewat (sekitar jam 23-24)

7. Ngecengin cewek di depan kampus (mending ada yg mau haha)
Ini ga perlu penjelasan kan,tragis masalahnya haha

8. Futsalan bareng
Tiap kali libur atau ada jam yang pulangnya ga terlalu malam,kami pasti akan main futsal dan biasanyaakan berakhir di warung kopi haha

9. Ngerjain tugas (yang kebanyakan kepotong sama sesi curhat dan ga jelasnya)
Ini ternyata bukan cuma dialami oleh teman yang pernah sekelompok dengan saya,tapi belakangan saya juga baru tahu kalau kelompok yang lain juga mengalaminya.
Ngerjain tugasnya sedikit tapi sesi ga jelasnya banyak.
Biasalah,gaya mahasiswa,kerja sedikit banyakan mainnya :D

10. Nonton BF (blue film/bokep) bareng bareng dalam kelas
Hal ini jangan ditiru.Benar benar jangan ditiru.
Jangan dilakukan sendirian,lebih baik lakukanlah beramai ramai. Yah secara dosanya bisa ditanggung rame rame hahaha

11. Nyontek pas ujian
Satu hal yang terlihat lumrah ketika UTS atau UAS adalah melihat mahasiswa/mahasiswi melakukan peregangan tubuh,terutama pada bagian leher.
Leher leher mahasiswa terlihat begitu lentur ujian,saking lenturnya sampai ada yang bisa berputar 360% (lebay haha)

12. Liburan bareng
Biasanya pada tiap akhir semester,kelas kami akan mengadakan jalan jalan. Tempat yang dipilih ga jauh jauh kok,yah palingan masih disekitar daerah Jawa Barat.
Sejauh ini seh baru di Cibodas dan Curug Nangka :P
Selain untuk refresing,kegiatan ini juga untuk mempererat ikatan diantara kami.

13. Karaokean bareng (walau suara apa adanya)
Pulang kuliah+bete+provokator = Berangkat ke tempat karaoke

14. Ngecengin dosen
Buat kebanyakan anak malam,dosen yang baik bukanlah dosen yang bisa menyampaikan ilmunya secara benar,tegas dan teliti. Dosen yang baik adalah dosen yang bisa diajak bercanda bareng,sharing dan berbagi ilmunya juga dengan cara yang menyenangkan.
Ga ngejelimet deh pokoknya!!

15. Copas tugas (kebiasaan yang sulit diubah :P)
Ciri khas mahasiswa banget dah,pikiran mentok yah akhirnya lari ke pilihan bantuan Nyontek friends #spik

16. Nungguin nilai keluar (kalo ga nilainya keluar lama eh ada revisi,padahal udah bayar her duluan -__-zz)
Kampus saya tuh terkenal banget lelet dalam urusan ngeluarin sesuatu.mulai dari jadwal kelas,pengumuman her hingga nilai tiap semester.

Pokoknya mepet banget dah ngeluarin pengumumannya (ciri khas Indonesia bangetlah yang ngelola kampus)
Bayangin aja,nilai baru keluar udah mepet sama pendaftaran HER,pembagian kelas baru ketahuan beberapa hari sebelum masuk.
Hadeh!!!!

17. Ketemu sama temen baru (terutama yang berlainan jenis hehe)
Hal yang lumrah bukan,jika melihat cewek cantik atau cowok ganteng kita jadi merasa tertarik. Entah itu tertarik secara terang terangan atau secara diam diam.
Diam diam disini maskudnya menggunakan taktik gerilya. Yah tau tau udah kenalan/tau duluan aja.
Ga ada hukum kan dalam ngedeketin cewek hehehe

18. Buka bukaan bareng (dalam hal ini buka bersama/bukber pas bulan puasa yah)
Moment yang jarang terjadi,selalu ada cerita tiap kali bulan ramadhan.

19. Ketemu dosen yang cantik (lebih fokus sama dosennya ketimbang pelajarannya).
Dosen boleh membosankan asal berwajah menarik.
Yuph,kebanyakan anak malam sebenarnya ga 100% bisa focus sama pelajaran. Maklumlah namanya juga para pekerja,jadi lebih banyak aktifitasnya di siang hari.
Bisa dibilang sebagian dari kami bukan mengincar ilmu tapi lebih kepada gelar à contohnya saya haha
Bisa dibilang melihat dosen muda dan berpenampilan menarik adalah sesuatu yang bernilai lebih buat kami.
Ibaratnya seperti melihat oase di padang pasir :P (lebay)
Yah bayangin aja udah penat,capek fisik dan pikiran eh ketemu dosen yang udah pelajarannya ga ngerti,cara ngajarinnya pun ngebosenin,mukanya ngeselin lagi :P
Ga banget kan!!


20. Ketemu dosen yang aneh,dalam pengertian baiknya mempunyai karakter yang langka.
Nah kalau yang ini kurang lebih sama kaya nomor 19. Perbedaannya mungkin terletak pada penilaian. Kalau 19 lebih kepada fisik,penilaian nomor 20 lebih terletak kepada pembawaan.
Yah pada intinya seh dosen yang baik,ramah dan terutama ga pelit sama nilai hehe


21. Birokrasi BSI yang hampir sama ribetnya sama Birokrasi Negara
Yah ga sesuai iklan deh pokoknya. Mulai dari admin yang nyebelin,nilai yang keluar lama,surat riset yang berbelit dll.
Pokoknya tiap semester ada aja hujatan hujatan baru dari sahabat sahabat saya.
Ya inilah ya itulah!! Ga ada habisnya.
Yah bukan berarti buruk semua seh,ada juga kok sisi positifnya. Walau memang kebanyakan sisi

22. Dengerin obrolan gata versus year (entah kenapa malah lucu sendiri tiap kali mereka berdebat)
Year adalah orang Medan,sedangkan Gata adalah orang Flores. Bisa dibayangkan jika mereka duduk dalam satu meja.
Waduh ramenya hahaha
Ga ada yang mau kalah kalau soal berdebat. Kalau Gata adalah orang yang kekeuh,Year adalah orang yang pandai ngeles.
Ketika mereka berdebat,yang lainnya cuma bisa senyam senyum aja melihatnya.
But dibalik itu semua,mereka berdua adalah kawan baik. Dimana ada Year disitu pasti ada Gata. Hobi mereka pun tak terlalu jauh berbeda.
Ikatan yang mungkin akan terus dibawa hingga akhir hayat.

23. Ngecengin temen yang ga punya keberanian buat deketin cewek
Mau bilang kasihan salah,mau dibantuin buat ngedeketin juga dia bilang ga usah. Yah pada akhirnya Cuma bisa ngecengin aja dah haha

24.  Lupa naikin resleting celana, pas mau masuk kelas lagi ujian, terus di tegor dosen cewek
Pada semester I dulu,ada teman saya yang bernama Fathur Rohmat lupa menaikkan resleting celananya. Jadi ceritanya waktu itu pelajaran akuntansi.
Nah jadi si Fathur ini datang terlambat. Bu Uly (dosen akuntansi kami) kemudian menanyakan alasan kenapa Fathur sampai terlambat.
Entah karena terbiasa atau apa Bu Uly kemudian melihat sesuatu yang mengganggunya.
“Itu resleting kamu dinaikin dululah”Ujarnya sembari tersenyum
Seisi ruangan pun menjadi gaduh.
Yah pada intinya seh menertawakan muka merah Fathur dan kepolosan Bu Uly ^^

dsb . .

Yah mungkin itulah beberapa hal yang akan paling saya rindukan dari masa kuliah nanti. Mungkin akan bertambah beberapa hal lagi,karena masih 2 semester lagi yang akan berjalan.
Well tapi sebenarnya ketika masuk dalam kelas saja dan melihat muka muka kucel teman saya karena kecapean sehabis bekerja (atau karena yg lain),itu sudah merupakan sebuah kenangan tersendiri buat saya.
Masih banyak hal yang akan dirindukan memang tapi itu sedikit gambaran masa masa kuliah saya yang unik.
Bertemu mereka saja sudah merupakan keanehan tersendiri.

Memang banyak bagian ga jelasnya tapi justru itulah yang akan jadi kenangan tersendiri nantinya.

Yuph sekian saja dari saya,mungkin sahabat yang lain mempunyai kenangan tersendiri.
Jika ada,yah disebutkan saja.
Ntar sebagai gantinya saya bakal masukin blog saya deh :P #Promosi
Terutama yg mempunyai kisah asmara dalam kelas hehe :)

Sekian saja hari,selamat menikmati kedinginan dan rumusan kata LAB hari ini. Salam hangat selalu kawan..

Jakarta, 18 Oktober 2012

2 komentar: