Minggu, 08 Februari 2015

#mountpedia : Taman Nasional Gunung Rinjani

View from POS 2 Sembalun
 Bagi saya,Gunung dengan ketinggian 3726 mdpl ini adalah gunung terbaik dari sisi pemandangan.
Gunung ini tidak hanya menawarkan sajian kesulitan dalam menempuh ketinggiannya,tapi juga sangat memberikan kepuasan tersendiri ketika mencapai beberapa titik dalam perjalanan. Dengan waktu standar 3 hari sudah cukup untuk menginjakkan kaki di Puncaknya,akan tetapi dengan waktu yang sesingkat itu hati ini tak pernah puas untuk menikmati eksotisnya pemandangan yang disuguhkan *Dewi Anjani.
Anda bisa memilih waktu 4-5 hari. Untuk mendaki gunung Rinjani, ada 4 Jalur resmi yang sudah di tentukan TNGR (Taman Nasional Gunung Rinjani) yaitu Jalur Sembalun Lawang (lombok timur), Jalur Desa Senaru (lombok utara), Jaluur Torean (pintu tengah) dan Jalur Timbanuh (pintu selatan).
Berikut saya akan menjelaskan tentang 2 jalur saja yaitu jalur sembalun dan jalur senaru.
Jika memulai pendakian lewat sembalun, sekitar 30 menit perjalanan anda disuguhkan hamparan padang Savana nan indah hingga pos 2. Pastikan juga anda mengambil momen di plawangan sembalun, sekitar 5 jam perjalanan dari pos 3, dimana mata anda akan dimanjakan dengan eksotisme panorama gunung rinjani dengan view Segara Anak dan gunung Baru Jari.

View dari Plawangan Sembalun
Lalu jangan lupa sempatkan berkunjung ke Segara Anak, di pinggiran danau Segara Anak anda bisa mendirikan tenda. Banyak aktifitas yang bisa dilakukan diantaranya memancing, mandi air panas, menikmati air terjun,sauna atau berwisata melihat goa susu.

View From Air terjun di mata air panas, Segara anak
Menghabiskan waktu dengan Memancing di Segara Anak




"Like heaven say hay for you".
Jika melewati jalur senaru,jangan lupa habiskan waktu di plawangan senaru dan jalur turun menuju segara anak.
Pemandangannya sungguh "maknyusss".
Namun saran saya,jika tujuan anda adalah puncak gunung rinjani. Maka jalur yang paling baik anda lewati adalah Sembalun.
Alasannya simple,anda tidak harus melewati segara anak terlebih dahulu jika melalui jalur ini.
View From Jalur Segara anak menuju Plawangan Senaru




Eksotisme gunung ini memang agak menurun akibat sampah. Ya,seperti halnya gunung lain di indonesia, sampah seperti masih menjadi momok untuk diatasi. Sementara hobi ini semakin berkembang besar dan dicintai,namun kesadaran justru semakin kecil dan terabaikan.

Namun apapun itu,tidak membuat penilaian saya terhadap gunung ini meluntur. Dibalik panasnya cuaca pulau lombok,dibalik jauhnya perjalanan yang harus ditempuh,dibalik biaya yang tidak sedikit untuk perjalanannya,dibalik tenaga ekstra yang harus diberikan dalam mendakinya.
Rinjani tetaplah rinjani. Gunung yang membuat saya menikmati sore di tiap titiknya. Gunung yang membuat saya hanya tertegun menatap segara anaknya. Gunung yang membuat saya menikmati saat bermandi di air panasnya. Dan gunung yang pertama akan saya pilih,jika diharuskan memilih gunung untuk pra wedding.
View menuju Pos 1 Sembalun

View From Jalur Segara anak menuju Plawangan Senaru

Puncak Gunung Rinjani
View Sore hari di Plawangan Sembalun
 
View Jalur Menuju Puncak Rinjani

"Jika hidup membawamu untuk berjalan panjang,sempatkanlah untuk memijak gunung rinjani.Percayalah itu indah,meski hanya sekedar khayal".
Dan tetap percaya,bahwa tak ada yang tak mungkin untuk diraih. Semangat \^_^/

Asal - Usil (Penilaian Pribadi) ::
Tempat : Taman Nasional Gunung Rinjani
Letak : Pulau Lombok,Nusa Tenggara Barat.
Rate : 4 bintang (tertinggi 5 bintang)
Titik-titik air :
-          Via Sembalun : Pos 2 dan Plawangan sembalun.
-          Via Senaru      : Pos 2 dan Pos 3.
-          Segara Anak   : Didekat pemandian air panas dan goa susu.

Saran : Jika ini adalah pertama kali anda kesana dan tujuan anda adalah puncak,maka pastikan lewati jalur sembalun. Hari pertama lewati di pos 2 atau 3. Keesokan hari barulah menuju ke plawangan sembalun dan bermalam lagi disana. Jam 1 atau 2 dinihari pada hari ketiga segerakan untuk bangun dan menuju puncak. Normalnya,anda akan kembali dari puncak jam 8-9 pagi. Lalu segerakan untuk turun menuju segara anak pada jam 1 atau jam 2 siang. Normalnya perjalanan dari plawangan sembalun menuju segara anak adalah 3-4 jam. Habiskanlah hari ke 3 dan 4 di segara anak. Mandilah air panas untuk melepas lelah dan bagi yang hobi jangan lupa membawa pancingan dan memancing di segara anak. Hari ke 5 segerakan untuk start pulang dari jam 7-8 pagi. Normalnya,anda akan mencapai pos pintu rimba Desa Senaru pada sore hari.
Pintu Masuk Senaru

Noted :
*Dewi Anjani : Legenda yang bersemayam di gunung rinjani,konon dari nama perempuan itulah rinjani berasal.Bahkan ia dianggap sebagai penghuni kawasan puncak gunung rinjani.Menurut legenda sang dewi amatlah cantik,yang kadang mau menampakkan diri kepada orang-orang tertentu di sekitar puncak dan plawangan.
View From Puncak Rinjani
Dokumentasi : Ardi Yulian, Irpan Jaelani, Chaerul Rizal, Rebecca Geny Silvia, Dwi Setya, Nenden Nursidiqah,Fuad Hadi Ismail.

Ditulis ulang kembali 8 Februari 2015

0 komentar:

Posting Komentar