Selasa, 30 Juli 2013

Untuk Pendaki : Sambut Agustus dan Kesiapannya

Bagi yang akan melakukan kegiatan pendakian terutama pada bulan agustus nanti,ada baiknya mengecek beberapa hal berikut ini,terutama yang akan pergi ke Gunung Merapi,Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan Taman Nasional Gede Pangrango :

1.Mengecek status gunung yang akan didaki,hal ini penting untuk mengetahui kondisi terakhir.
Berikut ada beberapa bacaan terkait kondisi beberapa gunung.
---> Kondisi Merapi beberapa hari yang lalu --->
http://www.tempo.co/read/news/2013/07/24/058499346/Pusat-Vulkanologi-Minta-Status-Gunung-Merapi-Dinaikkan … <---

2. Bagi yang akan bepergian melakukan pendakian,ada gunanya sesekali mengunjungi web pusat vulkanologi --> http://www.vsi.esdm.go.id/index.php <--

3. Nah berikut saya kasih recomended web untuk call center/telepon dari beberapa taman nasional -->
http://jakartaview.blogspot.com/2013/04/daftar-alamat-dan-nomor-telepon-taman.html?zx=bc75ed20f0a8009 … <--- 

4. Bagi yang akan mendaki selepas lebaran nanti,harap mengingat beberapa hal. Terutama dari segi komunikasi dan informasi.
Ga ada salahnya kan pelajari tempat yang akan kalian tuju. Cari informasi tentangnya,kenali sebelum berjalan,jangan ketika sudah sampai disana malah kecewa ditempat karena baru mengetahui informasi tertentu.


5. Bagi yang akan mendaki Ke TNGP (Taman Nasional Gunung Gede Pangrango) harap mengingat bahwa TNGP ditutup untuk segala kegiatan pendakian per tgl 1-31 Agustus. Info Lengkap --> http://www.gedepangrango.org/penutupan-kegiatan-pendakian-bulan-agustus-2013-di-taman-nasional-gunung-gede-pangrango-tnggp/?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+gedepangrango%2FqZos+%28Taman+Nasional+Gunung+Gede+Pangrango+%5BNational+Park%5D%29 <--

6. Bagi yang akan mendaki Ke Semeru harap mengingat bahwa TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru) akan memberlakukan beberapa peraturan baru jelang agustus nanti.
Seperti pembatasan pendaki dan larangan upacara 17 Agustus di puncak mahameru.


7. Diperkirakan,akan ada ribuan hingga puluhan ribu pendaki yang merayakan 17 agustusan diatas gunung. Jadi persiapkan kondisi kalian dengan baik.

8. Dan selalu ingat Kemanapun kaki melangkah,hormati adat yang kau pijak. Kemanapun mata menatap,pandangi dengan rasa hangat.

9. Bertanggung jawablah dengan langkah yang kalian pijak.
10. Berkaitan dengan kenaikan harga BBM,besar kemungkinan akan ada kenaikan tarif pada segi transportasi.
Kemarin dari seorang kawan saya mendengar bahwa ongkos jeep di Semeru mengalami kenaikan sekitar 100ribu.Jika sebelumnya Rp 450.000 per sekali antar maka sekarang menjadi Rp 550.000
Waktu ke gede juni kemarin,ongkos bus dan angkot juga mengalami kenaikan.
Jadi saya sarankan,ga ada salahnya membawa uang lebih,hanya untuk sekedar berjaga jaga saja 
11. Jangan angkuh dan selalu ingat sebuah perkataan dari Sir Edmund Hillary "It's not the mountain we conquer-but ourselves "
Yuph,bukan gunung yang akan kita taklukan,namun diri kita sendiri.
Happy hiking sob.
Salam 1 jiwa untuk para pendaki Indonesia
Kramat Jati 29 Juli 2013

0 komentar:

Posting Komentar