Sabtu, 23 November 2013

#mountpedia : Tips Menjaga Kamera Saat Melakukan Pendakian


Akhir-akhir ini kegiatan outdoor semakin digemari oleh semua kalangan.Salah satunya adalah kegiatan mendaki gunung.Kamera baik itu kamera pocket atau SLR kini seperti menjadi alat wajib pada setiap kegiatan dialam bebas.Tiap momen seolah tidak sempurna apabila tidak diabadikan kamera.Tetapi jangan sampai ada satu momen yang terlewatkan hanya karena kamera tidak terjaga dengan baik.Nah berikut ada beberapa tips untuk menjaga kamera saat melakukan pendakian.Cekidot :
1.Simpan di kantung khusus : Saat tidak digunakan,simpan kamera di dalam kantung khusus untuk melindunginya dari benturan.Sebaiknya pilih kantung yang agak tebal karena bisa melindungi kamera bila terjatuh tiba-tiba.
2.Perhatikan kondisi sekitar : Saat membawa kamera,perhatikan kondisi di sekitar jalan yang Anda lalui.Jika Anda trekking,maka pastikan kamera terpegang dan terjaga dengan benar agar tidak tergores ranting pohon atau bebatuan.
3.Pakai kamera secara efisien : Pastikan kamera Anda ada dalam kondisi off atau mati.Hal ini untuk menjaga daya tahan baterai.


4.Letakkan kamera ditempat yang aman : Pastikan kamera diletakkan pada posisi yang aman,tidak tertindih barang berat.
5.Bawalah plastik untuk melindungi kamera dari air saat pendakian.Saat malam,balut kamera dengan kain untuk menjaga supaya tidak berembun.Selain itu untuk menjaga kelembaban kamera tidak ada salahnya untuk menggunakan silica gel.Dalam dunia fotografi,Silica gel digunakan untuk memerangi jamur,terutama yang suka nangkring di lensa.

6. Bawalah alat pembersih kamera seperti tisu pembersih lensa,serta kain untuk membersihkan body kamera.Siapkan tas anti hujan dan kalo mau tidur tas kameranya dipeluk biar kamera yang dibawa tidak mendapat dingin yang berlebihan.
7. Bersihkan kamera sebelum tidur : Jangan males yah.Hal ini dilakukan untuk membersihkan debu atau kotoran yang mungkin menempel pada lensa.

8. Dan yang terakhir untuk menjaga kondisi baterai.Boleh percaya atau tidak namun saat malam,keluarkan baterai kamera lalu tempelkan di ketiak agar tetap hangat.Sebab jika hangat akan memperpanjang umur baterainya,sebaliknya jika kedinginan akan mempercepat keausan alias mempercepat soak pada baterai.


Kramat Jati 15 Oktober 2013 via twitter @HimpalaCrew hastag : #mountainpedia
 

0 komentar:

Posting Komentar