Jumat, 30 Maret 2012

Naikmu itu memang “Sesuatu”



Indonesia saat ini sedang bergejolak karena sesuatu.
Apa itu??
Jika anda menjawab karena lagu “Iwak Peyek” milik trio macan maka anda ada benarnya juga.
Tapi aduh kok malah jadi bahas Iwak Peyek yah..haha
Saat ini Indonesia sedang mengalami perpecahan karena pemerintahan kita yang (mengaku) terhormat akan menaikkan (lagi) harga BBM (bahan bakar minyak).

Pemerintah memutuskan untuk menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar Rp 1500. Maka harga BBM yang biasanya Cuma Rp 4500 maka akan naik menjadi Rp 6000.
Naiknya seh baru akan terjadi akhir bulan ini setelah rapat para anggota dewan. Sebuah rapat yang bisa dibilang Cuma sekedar formalin eh formalitas saja.
Yah gimana ngga??
Dengan perbandingan parpol koalisi dan partai oposisi yang 6 banding 3,sudah jelas bukan siapa yang bakal menang.
Walau diajukan 2 opsi pilihan kepada anggota dewan tapi saya tetap pesimis bahwa keputusan akan berubah.
(Kecuali 2 partai ababil pencari muka doang yaitu partai kuning dan partai putih berpindah haluan dan mendukung oposisi).
Kalau diibaratkan sebuah lagu,mungkin seperti lagu Dewa 19 yang berjudul “PUPUS”.
Sulit,karena di Republik ini keadilan hanya tercipta untuk golongan berada dan berkuasa.


-_-

Terus menurut lo gimana Ndar??
Jujur aja saya seh setuju setuju saja kalau BBM dinaikkan. Bukan masalah saya ga pro rakyat atau ga peduli sama keadaan masyarakat Indonesia yang rata rata masih hidup di bawah garis kemiskinan.
Sekarang mari kita mengamatinya secara objektif,masih ingetkah kalian dengan pelajaran ekonomi yang mengatakan bahwa “semakin langka keberadaan suatu barang yang dibutuhkan maka harganya akan naik dengan sendirinya”
Yah kira kira geto deh (setahu saya..hehe)
Kita semua tahu bahwa suatu saat nanti bahan bakar minyak akan segera habis. Yuph itu adalah pelajaran yang seharusnya sudah diketahui oleh umum.
Kecuali anda adalah orang orang khusus yang tidak mau mengetahui tentang keadaan yang tengah terjadi di sekitar anda (bahasa sundanya sabodo teuing).
Tapi..
Ada beberapa hal yang membuat saya (dan mungkin juga anda) yang bertanya tanya tentang kenaikan BBM kali ini.
Yang paling jelas mungkin karena alasan Pemerintah yang ga masuk akal.
Mulai dari mengikuti kenaikan harga minyak dunia yang labil,lalu menutupi APBN,dan terakhir dan paling konyol adalah agar subsidi untuk rakyat kecil bisa semakin luas.
Kenaikan harga minyak???
Okelah saya setuju tapi kalau anda pintar dan mau tahu tentang harga minyak dunia maka anda akan segera bertanya lagi “kok bisa dinaikinnya semahal itu??”. Bahkan bos saya yang sudah makan asam garam di industri perminyakan bilang begini “Kenaikannya ga seberapa di dunia,tapi di Indonesia naiknya kok malah ga wajar”
Menutupi APBN??
Hemm..banyak berita yang mengabarkan bahwa ini terjadi karena pengeluaran dari APBN yang ga wajar.
Well..sebagai rakyat biasa saya kok ga terlalu heran yah sama berita tersebut ^^
Agar subsidi buat rakyat semakin besar??
Hemm..masih ingatkah dengan BLT??masih ingatkah dengan pembagiannya yang begitu kacau balau di beberapa daerah.
Mulai dari kericuhan saat ngantri hingga pendataan yang cenderung aneh. Masa orang berada bisa mendapatkan bantuan juga.
Lagipula jujur aja,BLT tuh rawan banget buat dikorupsi. Yah intinya seh tiap kali dana bantuan itu berpindah tangan,dana bantuan itu akan mengalami penyusutan jumlah dengan sendirinya.
Sok tahu lo Ndar??
Bukan sok tahu tapi inilah sebagian kecil fakta dilapangan.
Kebetulan babeh adalah seorang ketua RT (Rukun Tetangga),saya ingat waktu tahun 2008 beliau bercerita tentang penyaluran BLT yang amburadul.
“Harusnya menerima segini eh malah kebagian segini” begitulah ujar beliau setiap waktu. Yah tapi yang namanya duit gratis siapa seh yang mau nolak.
Sesalah apapun penyalurannya tapi tetap saja rakyat hanya bisa menerimanya.
Pada intinya seh saya jadi saya tahu sendiri,kelakuan para pemilik kedudukan di Negara ini. Jujur aja BLT adalah sebuah bentuk pembelajaran kebodohan dari para pemimpin negara ini. Daripada memberi bantuan yang sifatnya hanya sementara dan lebih bersifat memanjakan,bukankah lebih baik dana tersebut digunakan untuk keperluan yang lebih berkesinambungan. Seperti perbaikan jalan,perbaikan sistem transportasi,pembuatan jalur transportasi baru,pembangunan sekolah,dana buat pendidikan rakyat kecil,atau mungkin sekedar jaminan untuk orang miskin bila jatuh sakit.
Bukankah jika segala sesuatu berjalan baik ,maka kesejahteraan itu akan datang dengan sendirinya.
Hehh..saya kok malah gemes sendiri yah tiap kali membayangkan kelakuan para pemimpin Negara kita.
By the way ada perbincangan yang menarik antara saya dan pak bos kemarin. Bos saya bilang seh kenaikan harga minyak dunia sebenarnya dipicu oleh Iran yang berhenti menyuplai minyak mentah.
Sebenarnya ini bukan karena kesalahan Iran semata karena menurut Pak Bos, Amerika Serikat dan juga Israel turut berperan serta.
Sekali lagi kalau anda sekedar mau tahu atau nonton berita apa yang tengah terjadi di dunia ini,maka saya tak perlu bercerita lagi bukan tentang apa yang tengah terjadi diantara 3 Negara itu.
Intinya seh perang sepertinya akan segera berkobar.
Dan Saya kok merasa,kunjungan Presiden kita ke luar negeri yaitu ke China dan Korea Selatan ada sedikit hubungannya yah.
Hemm by the way tahu konflik Libya bukan??sebenarnya itu bukan perang kekuasaan semata,tapi sedikit lebih ada perang “Minyak” disana.
Saya ingat ketika tahun 2008 ada seseorang yang bercerita kepada saya tentang krisis yang melanda Amerika Serikat.
Krisis itu terjadi karena sebuah kata singkat bernama “Hutang”.
Eniwei beliau bercerita bahwa hutang yang menjerat Negara itu tak akan pernah habis hingga 7 turunan. Sekalipun mau cepat tak terjerat hutang maka Negara itu harus melakukan cara cara lain yang sebenarnya bisa dibilang “curang”.
Yah diantaranya ya itu,membuat gejolak di Negara negara lain.
Afganistan,Lybia dan selanjutnya Iran..
Beruntunglah jika anda warga Negara Venezuela dan China yang pemerintahannya memiliki sistem yang kuat.
Ga mudah diguncang oleh pihak asing atau negara lain.
Yah apapun,saya berharap yang terbaik sajalah dari kenaikan BBM kali ini. Karena sedih rasanya jika melihat konflik yang tengah terjadi karena kenaikan harga BBM ini. Yang paling menyedihkan dari demonstrasi yang tengah terjadi adalah kita seperti berperang melawan saudara sendiri.
Buat rakyat Indonesia selamat berjuang melawan ketidakadilan ini. Buat para mahasiswa semangat terus. Buat Pemerintah lanjutkan sifat alaynya.
Buat ibu ibu sebaiknya segera siap siap kencangkan ikat pinggang,karena mungkin harga bahan bahan pokok akan sedikit (atau malah banyak) mengalami kenaikan.
Buat kalian semua para Crunchers sedunia ingat pesan saya “Jangan hidup dari hutang,karena hutang itu seperti menanam bom waktu pada diri sendiri dan lucunya kita tak akan pernah tahu kapan bom itu akan meledak”
Hahaha..pesan yang aneh ^^
Yaahhhh..seburuk apapun nanti kondisinya yang jelas kita harus bersatu demi Negara kita ini.
Buat dunia,saya Cuma berharap hal simple.
Semoga perang tidak akan terjadi :)
Life its better without war.
Hell yeahh!!
Good Morning all my friends around the world,have a good day for all of you guys ^_^.
Salam Kriuk kriuk selalu


Kramat Jati 30 Maret 2012

0 komentar:

Posting Komentar