Selasa, 16 Agustus 2011

Rasta Pala Itu. . . . . .

Adalah hal yang sulit menceritakan seorang teman,apalagi jika menceritakan seorang sahabat.
Sahabat???
Ahhh...mereka lebih daripada itu,mereka sudah seperti saudara buat gw.
Kadang mereka malah lebih mengenal diri gw ketimbang gw sendiri.
Bersama mereka tuh ga pernah ngebosenin,gw selalu merasa enjoy jika berada di dekat mereka.

-_-

Rasta Pala itu kepanjangan dari Rakyat Satu dua Pecinta Alam,terbentuk pada tahun 2003 tepatnya tanggal 15 September.
Yah lebih tepatnya seh ketika kami bertemu dan bersekolah di tempat yang sama yaitu di SMA HUTAMA Pondok Gede,Bekasi.
Kenapa harus bernama Rakyat Satu dua??Karena waktu sekolah di HUTAMA dulu,ketika kelas 1 kami semua dipertemukan di kelas yang sama yaitu kelas 1-2 (Satu Dua).
Kenapa Pecinta Alam??Karena kami semua memiliki minat,kecintaan dan hobi yang sama yaitu jalan jalan dan berpetualang.
Pencetus nama Rasta Pala itu Toni dan Roda penggerak atau kebanyakan jadi panitia adalah Firman.
Rasta Pala kini beranggotakan jutaan orang..hehe bohong kok,Rasta Pala beranggota 9 orang.

Persahabatan yang kami jalani kini telah berjalan sekitar 8 tahunan lebih.
Bosankah kami??Jika pertanyaan itu diajukan ke gw,gw hanya akan menjawab
“Ga akan pernah”
(Walau kadang pernah ngomong sendiri dalam hati seh “Yaelah lo lagi lo lagi”..hehehe)
Sampai kapan persahabatan ini berjalan??gw cuma bisa menjawab sejauh yang bisa kami jalani.
Entah itu setelah kami berkeluarga,tua atau setelah tiada.
Yang jelas saat ini adalah sebuah kebahagiaan tersendiri memiliki sahabat sahabat seperti mereka.

-__-

Dulu anggota Rasta Pala lebih dari 9 orang,tapi karena satu dan lain hal ada yang keluar dan akhirnya ga seiring sejalan.
Dari mereka gw mempelajari banyak hal,mulai dari yang penting sampai ga penting sama sekali.
Dari hal benar yg sampai yang benar benar (rusak..hehe)
Yah yang jelas seh gw belajar banyak dari mereka.
Terutama belajar menghargai persahabatan.Setiap manusia pasti ada kekurangan,tinggal bagaimana kita menganggap kekurangan itu sebagai sebuah kelebihan.
Dan mereka akan selalu menerima dengan tangan terbuka kehadiran gw,entah itu baik atau buruknya.
Mereka adalah contoh dari pribadi pribadi yang luar biasa,banyak hal yang telah gw pelajari dari mereka.
Buat gw,mereka adalah guru dalam kehidupan ini!!
Yuph..seorang guru dalam mengartikan kehidupan.
Bila ada yang pernah bertanya kenapa gw bisa dipanggil eRTe,yah merekalah biang keroknya.Lebih tepatnya seh kalo ditujukan ke Papay.
Berikut ini adalah mereka,sahabat sahabat gw di Rasta Pala!!Yah sedikit penggambaran karakter mereka dalam sudut pandang gw.

>  ANDI SETIAWAN : Sahabat gw yang 1 ini adalah Romanisti sejati (sebutan untuk fans dari klub AS Roma,itu loh salah satu klub sepakbola kecil asal Italia)
Andi biasa dipanggil Black Boy atau si item sama sahabat yang lain,yah sebuah panggilan yang merujuk kepada keputihan kulitnya..hahaha ^^v
Andi orang yang lucu,udah paling jagonya dah kalau ngecengin orang.
Tapi jangan ditanya kalau soal tidur??ini orang udah biangnya dah kalau soal molor.
Susaaaaahhhh banget buat dibangunin..ckckck
Tipe Tumor (tukang molor) sejati.
Andi termasuk orang yang jujur (kadang kadang) dan terbuka,dan ga pernah membawa berat suatu masalah.
Bukannya menganggap remeh,tapi buat dia setiap masalah itu selalu ada untuk disyukuri.
Nikmatin,jalanin dan selalu syukuri apapun keadaannya.
Andi juga seorang ahli D3 (Dorong Dorong Dus..haha)
1 hal yang paling gw kagumi dari dia adalah prioritasnya untuk keluarga.Andi adalah pribadi pekerja keras dan saat ini menjadi tulang punggung dari keluarganya.Dia adalah pribadi yang selalu memprioritaskan keluarga di atas segalanya.
Untuk masalah perempuan,yah beruntung aja dah yang jadi cewenya si item satu itu??kecuali itu cewe sendiri yang minta putus atau mengakhiri hubungan,andi ga bakal ngelakuin hal yang aneh aneh dalam hubungannya.
Tipikal setia dan perhatian tapi kurang romantis..hehe
Andi juga termasuk pribadi yang usil,anak anak kadang(sebenernya banyak) ga percaya sama omongannya.
Apalagi kalau soal janji ketemuan??
Contoh : kalau Andi ngomong main/sparing Futsal jam 7 malam,itu berarti mainnya 2 atau 3 jam setelahnya.
Yuph itu artinya mainnya baru dimulai kalau ga jam 9-10 malam.
Pernah suatu ketika waktu jaman SMA dulu,Andi pernah sms anak anak buat main ke rumahnya.
Pas sampai sana anak-anak malah bingung??ketemu air setinggi mata kaki,makin deket ke tempatnya Andy airnya makin tinggi.
Pas sampai rumahnya(andi),orangnya Cuma nyengir dan berkata singkat
“Bantuin gw lay pindahin barang ke kamar atas”
Kampret,ternyata saat itu rumahnya tengah kebanjiran....hahaha
(Patut dicatat,Daerah Komsen rawan Banjir :P)

> ABADI KABAN : Biasa dipanggil Abadi atau Badboy sama anak-anak.
Abadi seorang Interisti sejati (sebutan fans untuk klub Inter Milan,klub kecil di Italia)
Abadi adalah pribadi yang unik,saking uniknya jadi terkadang anak anak sampai ga ngerti apa yang dia omongin..ckck
Hukum logikanya ga bertepi,ada aja jalan tembusnya..hehe
Musuh nomor satu kalau main PS,susah banget buat dikalahinnya (walau akhir akhir ini udah ga sesakti dulu lagi)
Pernah menjadi artis semasa SMA bareng bareng sama gw??
Jadi setiap kali ngabsen kehadiran,gw sama Abadi juga wajib tanda tangan kehadiran ke wali murid.
Loh kok geto dar,ngerepotin aja??
Yah maklumlah,hal ini terjadi juga dikarenakan kebiasaan buruk kami waktu SMA dulu.
Apaan tuh dar??
CABUT SEKOLAH...wkwkwkwk
Maklumlah masih ababil (anak muda labil)..hahay
Yang namanya Abadi paling ciut sama jarum suntik??mukanya langsung pucet banget kaya orang belom boker setahun kalau abis liat jarum suntik.
Tipikal orang yang susah kalau diajak makan,makannya sedikit makanya ga heran badannya ga gemuk gemuk..ckckck
Orang batak tapi takut sama pedes (walau sekarang udah agak mendingan “DIKIT”)
Untuk masalah perempuan,abadi termasuk tipe yang tertutup??ga banyaklah anak anak yang tahu.
Ga tau si badboy bener bener suka cewe apa...???
Hehehe...^^
Bercanda,emang belum ada cewe yang ngertiin dia aja??karena seperti yang gw ungkapkan di atas,badboy emang agak complicated orangnya.
Kalau masalah nanjak gunung/hiking gw harus sedikit angkat topi sama dia??badannya emang kurus tapi bawaannya pasti selalu yang berat.
Staminanya juga salah satu yang terstabil di Rasta Pala.
Maklumlah,dia salah satu pecinta alam waktu SMA dulu.
Setiap orang yang mengenal Badi pasti akan mengatakan bahwa dia adalah pribadi yang baik dan ga banyak tingkah.
Walau kadang sulit mengerti jalan pikirannya,abadi adalah tipikal orang yang akan selalu ada buat sahabatnya.

> DIMAS AGUSTIO : Anak anak biasa manggil neh orang Qodim,Gondrong atau Tio.
Untuk urusan klub sepakbola,Qodim bisa dibilang Pemuda Galau.
Loh kok geto dar??
Abis klub apa aja dia suka,yah walau kebanyakan klub kecil semua seh.
Dari Liverfool eh Liverpool,Real Madrid hingga AS Roma.
Jadi kalau ada salah satu jagoannya yang kalah,dia bisa lari ke jagoannya yang menang (licik yah,kan ga seru jadi ga bisa ngecengin)
Qodim juga termasuk tipikal yang unik KALAU main Play Station(PS).
Percayalah,antara Qodim main PS biasa sama ada taruhannya tuh bedanya bisa 180 derajat.
Main biasa mah standar banget mainnya tapi kalau ada taruhannya??
Ampun deh susah banget buat dikalahinnya..ckckck
Dan itu berlaku bukan Cuma pas main PS aja.
Pokoknya setiap ada taruhan,dia sangat sulit untuk ditaklukkan (dasar bandar..haha)
Punya backingan kuat yaitu Om Bob.
Tipikal orang yang males buat bales sms..ckckck
Punya Keluarga yang sangat welcome sama orang lain.
Qodim sangat peduli sama temennya,kalau bisa membantu Qodim pasti akan selalu datang buat menolong.
Qodim juga termasuk tipikal orang yang kalem,dewasa dan santai.Saking santainya bisa dibilang teramat cuek.
Orangnya sangat tenang kalau ada persoalan,termasuk orang yang bisa diandalkan (kadang kadang ^^).
Punya kadar pede yang ga ketolongan..hahaha
Tapi Qodim juga termasuk tipikal orang yang gampang kapok??kalau sesuatu dia rasa berat dan ga cocok sama dia pasti dia tinggalin.
Contoh : nanjak gunung dan bepergian jauh naek motor.
Di Rasta Pala mungkin Cuma Qodim aja yang ga bakal ikutan nanjak lagi (karena kapok..hahaha).
Tapi Qodim selalu bilang bahwa dia bakalan ikut buat nanjak gunung lagi bareng sama anak anak,tapi dengan catatan kalau udah ada angkot atau ojek buat naik ke atas gunung..hahaha
Termasuk orang yang aneh karena ga doyan buah pepaya??katanya buah pepaya mengandung tokai kambing..wkwkwk (kata dia biji dari pepaya mirip tokai kambing)
Belum lagi dia juga termasuk salah satu di antara anak anak Rasta Pala yang ga doyan ikan.
Alergi sama bau amisnya (kalau wangi mah kasih deodoran aja dim ikannya..ahahaha)
Yang membuat heran,Qodim tuh suka banget sama yang namanya mancing.
Untuk masalah perempuan,Qodim orangnya juga ga ribet??selama masih dalam jangkauan yah dia kejar,kalau ga yah buat apa.
Cape-capein aja kalau menurut dia mah.
Tapi dia adalah orang yang setia,ga bakal nikung nikung sembarangan deh kalau emang sudah ada ikatan dengan cewe (ini baru kali loh ya..hehe).
“A real man doesnt love million girls but he loves one girl in a million ways”
Yuph..itulah moto dari Qodim dalam mencintai seorang wanita.
By the way Qodim hampir setipikal tipe cewenya ma gw??saking setipenya bahkan dulu nyaris perang saudara waktu SMA dulu..hahaha
Jadi waktu itu ada ade kelas yang benar benar menarik perhatian kami berdua??
Waktu itu gw sama Qodim sudah kelas 2 dan kebetulan berbeda kelas,gw di IPA sedang Qodim anak IPS.
Ade kelas ini suka sama gw dan qodim ternyata suka sama ade kelas ini.Saat itu gw benar benar ga mengetahui tentang hal itu.
Gw seh seneng seneng aja,yah maklumlah ade kelasnya emang cakep..hahay
Gw baru tahu ketika salah satu temen gw di IPA bilang ke gw
“Parah lo te,gebetan temen diembat juga”
Gw yang ga ngerti apa maksudnya Cuma bisa mengernyitkan dahi dan bertanya
“Hah..apaan seh maksud lo??”
“Itu loh si XXX,masa mau lo embat juga”ujar temen gw lagi
“Lah emangnya kenapa dah??lo suka yak ma dia??”
“Bukan geto tapi...”
Lalu teman gw mulai menceritakan duduk perkaranya yang membuat gw Cuma bisa garuk garuk kepala.
Intinya seh,itu cewe sukanya sama gw tapi masih sempet-sempetnya ngedate sama Qodim (konon ceritanya seh ke Graha Cijantung..wkwkwk)
Gw yang udah tau duduk perkaranya tanpa pikir panjang langsung putus hubungan sama itu cewe (walau untuk urusan persahabatan jalan terus seh..hehe).
Bagi gw,persahabatan saat itu lebih penting daripada wanita.
Belakangan setelah lulus baru gw ketahui bahwa Qodim saat itu gondok setengah mati sama gw.
Yah ga perlu gw jelasin alasannya kan..hehehe
Intinya tuh ternyata Qodim juga memutuskan mundur setelah mengetahui bahwa cewe itu juga dekat sama gw (kami berdua bego yah..wkwkwk)
Sama sama mundur demi persahabatan ^_^
Lucunya,hal itu akan selalu membuat kami tertawa sampai saat ini.Dan akan selalu dijadikan bahan lawakan juga setiap kami bertemu.
“Lo mah te,kalau ga inget temen mah udah gw sambit pake golok kali..hahaha”ujar Qodim suatu waktu.
Gw Cuma bisa nyengir nyengir aja denger ucapannya.

> ENDANG SUNARYA : Biasa dipanggil Endang,daenk,kiwil atau grandong sama anak anak.
Kesan pertama sewaktu ngeliat kiwil pasti agak takut dan akan berkata dalam hati “A****g,preman dari mana tuh”
Tapi seperti pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”,yuph mungkin itu perumpamaan yang paling tepat untuk kiwil.
Wajahnya emang agak sangar,persis banget sama preman terminal..haha pizz wil ^^v
Tapi dibalik itu semua Kiwil adalah pribadi yang ramah,ramah banget malah.Dia juga orang yang lucu dan jago menghibur.
Suasana akan jadi rame kalo ada neh orang,yah maklumlah jadi ada bahan cengan (apalagi buat bagol..haha).
Kiwil paling jago ngebanyol tapi sebenarnya tanpa perlu ngebanyol pun Kiwil sudah sangat lucu.Apalagi kalau dia udah tersenyum..hahahaha ^^v
Kiwil itu seorang Milanisti,sebutan untuk fans AC Milan.Sebuah klub yang dikenal karena para pemain uzurnya..hehe
Calon pewaris tunggal Daenk Mart..:P
Paling disayang sama emak dan babehnya,yah maklumlah namanya juga anak bontot (dan dia sering menyalahgunakan kebontotannya :P)
Punya babeh yang gokil,lucu kalo tiap diajak ngobrol.Kiwil punya julukan tersendiri dari babehnya yaitu ‘Asbak’,panggilan ini mengacu pada kebiasaan Kiwil merokok lebih dari 1 merk (buat kiwil mah selama itu rokok,pasti diembat).
Motonya dalam merokok “gebuss terusss”
Untuk urusan wanita gw dan anak-anak ga terlalu percaya sama Kiwil,dalam hal ini kurang percaya sama penilaiannya.
Jujur aja,kalo Kiwil bilang itu cewe cakep maka anak anak ga bakal ada yang percaya sebelum melihatnya sendiri.
Yah kiwil..kambing dibedakin aja udah dibilang cakep sama dia..hehe
Tapi kalo soal menunjukkan perhatian ke perempuan,Kiwil adalah masternya.Wuih bisa enek sendiri dah kalo dengerin dia lagi telepon-teleponan sama cewe..hahaha
Dia adalah orang yang perhatian sama wanitanya (apalagi kalo butuh).
Kurangnya satu,masih suka nikung nikung sembarangan.Tapi untuk yang 1 ini gw agak maklum??yah maklumlah Kiwil adalah contoh nyata dari Ababil (anak muda Labil).
Pengalaman hidupnya adalah yang terpanjang di antara anak anak yang lain,kampungnya di Cirebon adalah salah satu tempat yang gw suka (walau tempatnya panas).
Salah satu orang yang bisa diandalkan kalo lagi Nanjak Gunung,staminanya kuat banget.Maklumlah bekas kuli angkut pasar pondok gede :P
Akhir akhir ini punya julukan baru yaitu COKER.
Apapun yang dilakukan Kiwil,apapun itu??Entah kenapa setelahnya malah jadi sesuatu hal yang lucu.
Hidup neh orang bener bener “easy going”.
Kiwil pribadi yang humoris dan dia akan selalu ada menemani sahabatnya.Dia juga orang yang paling rela membantu sahabatnya.
Kapanpun itu!!

> FIRMAN : Biasa dipanggil bhagol (padahal kepalanya kecil).
Bhagol adalah seorang Cules,sebutan untuk fans Klub Barcelona (salah satu klub medioker asal Spanyol..hahaha ^^v)
Anak asli Sumir,bagi yang belum tahu sumir cari aja di Google Map.Pasti akan diperlihatkan sebuah daerah yang bertuliskan ‘Sumir Macet’..ahahaha
Yuph maklumlah??Sumir merupakan daerah rawan macet.
Bhagol mempunyai sifat keras kepala,kalo dia udah berkata A biasanya akan sulit diubah.Tapi dia juga mempunyai sifat kepemimpinan yang lebih dibanding yang lain,anak anak seh pasti dengerin aja apa kata dia.
Keluarganya sangat welcome sama anak-anak,bahkan cenderung sudah sangat mengenali kami semua (baik dan buruknya..hehe).
Akhir akhir ini semakin jago main PSnya (udah banyak belajar sekarang).
Anak anak sering ngumpul di tempatnya,karena paling strategis dari mana mana.Punya kamar yang biasa disebut Gerbong 9 sama anak anak.
Asal muasal nama gerbong 9 berasal dari kamar itu yang keadaannya akan seperti gerbong ketika kami berkumpul,apalagi karena asap rokoknya yang akan membuat keadaan di kamar itu seperti gerbong kereta ekonomi..ahahaha
Banyak cerita horor dari gerbong 9,mulai dari kehadiran si pala permen (pocrut) hingga miss Tertawa (Kunti).
Bhagol sering cerita,kalo dia dan beberapa teman juga saudaranya pernah ngeliat penampakan secara langsung.Tapi alhamdulillah gw belum pernah mengalaminya sendiri.
Tapi jangan ditanya efek dari cerita itu,hampir semua anak anak ga ada yang berani kalo ditinggal sendiri di gerbong 9.
Bhagol seorang Slankers dan Dangduters sejati.Boleh dibilang Bhagollah yang menularkan semangat Slank ke dalam jiwa gw..haha lebay
Yah abis,kebanyakan lagu lagu Slank gw pelajari dan ketahui dari doi.
Bhagol tipikal orang yang mudah terprovokasi,sampai sekarang aja dia masih bingung kenapa dulu bisa jadian sama cewe yang bernama Anis.
Ketika ditanya jawabnya pasti selalu sama “gara anak anak itu mah te” wkwkwkwk ^^v
Tapi Bhagol lebih terkenal karena kecepatan tangannya..hahaha
Untuk urusan perempuan,Bhagol paling suka sama tipe “pacar lima langkah”..hehe
Yang jelas bhagol tipikal pemalu kalo soal perempuan??
Malu malu tapi mau..^^
Tapi jangan ditanya kalo soal setia mah,udah terbukti kok walau baru berlabel SNS (Standart Nasional Sumir).
(Yang jelas banyak sabarnya aja ya nenk jadi pacarnya abang Firman ^^v)
Bisa dibilang Bhagol adalah EO nya di Rasta Pala,kebanyakan acara lewat dia.Kebanyakan diskusi juga di tempatnya,bahkan keberangkatan kepergian pun lewat tempatnya dulu.
Bhagol itu pribadi yang kalem,jarang gw ngeliat dia panik yang berlebihan.
Yang paling gw pelajari dari dia adalah sifatnya yang sederhana dan apa adanya.

> HERU BINTORO : Panggilan akrabnya Heru tapi lebih senang dipanggil dengan nama Papay.
Papay adalah contoh nyata dari pemuda labil masa kini..hahaha
Emosinya yang paling sering berubah diantara kami semua,ga gampang ketebak??pokoknya abstrak.
Oh iya papay adalah seorang Juventini,nama fans dari klub labil asal Italia yaitu Juventus.
Kesan pertama ngeliat papay mungkin akan sedikit ngeri.
Yah pokoknya jangan ditanya kenapanya dah..hehe ^^v
Ada satu keuntungan tersendiri sebenarnya mempunyai sahabat kaya Kiwil sama Papay??
Apaan tuh dar??
Yah kalo bepergian kemana pun jadi ngerasa aman :D
Seperti yang gw bilang di atas Papay tuh pribadi yang rumit,sangat sulit untuk dijelaskan.
Yah sama sulitnya deh kaya pipis di pinggir jurang (entah keluar apa ga itu pipis :P).
Mempunyai jiwa seorang pemberontak dalam dirinya,jika sesuatu dirasanya kurang sreg atau berkenan di hatinya maka Papay akan segera menjadi seperti Jhonny “Axis” Blak-blakan.
Papay adalah pribadi yang ceplas ceplos,apa yang ada di pikirannya saat itu akan segera dikeluarkan (cocok buat jadi kritikus).
Dalam hal yang berhubungan dengan tekhnologi,dia mungkin salah satu yang terdepan.
Orangnya ga betahan,tapi sekalinya betah di suatu tempat biasanya dia akan lama pulangnya.
Jiwa petualangannya sangat besar tapi sayang isi kantongnya ga mendukung (hal ini berlaku buat kami semua sebenarnya..hahaha)
Akhir-akhir ini punya profesi baru,yaitu jadi supirnya Kiwil..ahahaha (Sebutannya supir pantura :D).
Wanita??sejauh pengamatan gw Papay emang orangnya agak pemilih (ga kaya kiwil),tapi sekalinya jatuh cinta biasanya akan dia persembahkan seluruh waktunya.
Muka mah boleh kaya Rahwana tapi hati mah mirip Arjuna..hehe
Hemm..sebenernya seh kalo dilihat lihat Papay tuh paling suka sama cewe yang bentuk badannya bohay ^^
Punya orang tua yang gokil dan paling disayang sama nyokapnya.Walau ga keliatan dan tiap datang ke rumahnya pasti lagi adu argumen,tapi itu wajarlah buat gw.
Malah lucu sebenarnya tiap kali ngeliat papay sama nyokapnya tuh.
Ga tau kenapa,gw serasa ngeliat diri Papay di kepribadian nyokapnya.Papay benar benar nurunin sifat dari Ibunya,entah itu sifat keras kepalanya,ceplas ceplosnya semua bener-bener nurun dari nyokapnya.
Makanya mungkin akan sering terjadi konflik diantara mereka jika sedang bersama.Tapi dibalik itu semua Papay mungkin yang paling disayang sama nyokapnya.
Yah walau dari luar ga terlalu kelihatan..hehe !!
Diantara saudaranya yang lain,Papay adalah yang paling nurunin sifat bolang dari kedua orang tuanya (patut diketahui bahwa bokap &nyokapnya Papay adalah seorang traveler/penggemar petualangan)
Ada suatu waktu nyokapnya Papay pernah cerita,semasa kecil dulu di blitar dimana waktu itu belum ada angkot atau angkutan umum yang lain.Dia lalu berjalan dari rumahnya ke rumah eyangnya.
Jaraknya??
Wah jangan ditanya deh,bayangin aja berangkat dari subuh dan sampai ketika matahari mau terbenam!!bahkan bisa lebih dari itu..ckck
Ngomongin Papay rasanya ga lengkap kalo ga ngomongin suatu kejadian sewaktu SMA dulu.
Jadi dulu pas SMA ada suatu kejadian yang akan selalu buat gw dan anak-anak tertawa jika mengenangnya.
Kejadian ini sebenarnya sangat membahayakan nyawa,tapi karena salah satu korbannya adalah Papay makanya akan selalu dijadikan bahan guyonan sama anak anak hingga saat ini.
Jadi saat itu kami masih kelas 2,pada malam harinya Toni sms gw bahwa Papay sama Abadi diculik.
Yah reaksi pertama gw saat itu awalnya bener-bener ga percaya.
Alasannya??
Pertama,pada sore hari waktu kejadian gw dan beberapa anak anak masih ada bersama mereka berdua.Seperti biasa pada saat itu mereka sedang melakukan kegiatan extrakurikuler mereka yaitu PA (Pecinta Alam).
Nah yang kedua mereka masih sempat ngobrol dulu sama anak-anak,bahkan kelihatan biasa banget.
Tapi seketika pertanyaan itu terjawab ketika gw tanya Toni lebih lanjut,ternyata mereka berdua kena dihipnotis dan dibawa entah kemana..ckckck
Tapi saat itu juga ada kabar dari orang tuanya Papay dan Abadi,bahwa mereka sudah dilepas dan saat ini diketahui telah ditinggalkan di UKI.
Anak anak yang saat itu sebagian sedang di rumah Papay segera menuju ke UKI.
Sedangkan gw disuruh standby sama anak-anak dirumah,takutnya si Papay sama Abadi mampir dulu ke tempat gw (karena letak rumah gw adalah yang terdekat dari UKI).
Ga lama Toni kasih kabar,telepon di rumah gw berdering.
“Dar ada telepon tuh.Dia bilang seh Ibunya Heru”Kata bibi gw yang saat itu angkat telepon.
“Halo..”ujar gw membuka percakapan
“Halo..Nandar,ini ibunya Heru”jawab suara di seberang sana,terdengar suara yang agak bergetar di sana.
“Oh..iya,malam tante”sebenarnya agak bingung juga dengan maksud telepon dari nyokapnya Papay.
Lalu nyokapnya Papay pun mulai mencurahkan isi hatinya,suka duka punya anak kaya Papay (loh..hahaha bukan kok)
Rupanya nyokap Papay berpikiran sama dengan anak-anak,bahwa ada kemungkinan Papay pergi dulu ke rumah gw.Dia Cuma pesen kalo emang Papay bener-bener pergi kesana untuk bilang sama dia nanti.
Nah lucunya tuh selama ngobrol di telepon,sambil menangis terisak isak nyokapnya Papay malah cerita sedikit tentang masa kecil Papay.
Asli..saat itu gw Cuma bisa dengerin aja,kebingungan mau ngomong apa.Tapi intinya udah kabar baiklah,bahwa si Papay sama Abadi ga diperkosa sama itu penculik..hehehe
“Yaudah tante,ntar kalo ada kabar lagi akan saya beritahu”ujar gw mencoba menenangkan hati nyokapnya Heru.
“ Makasih ya ndar”ujar suara disana seraya mengakhiri pembicaraan.
Ga lama berselang,anak anak sampai di rumah.Mereka sudah dari UKI saat itu dan memutuskan untuk mampir dulu ke rumah.
Saat itu ada Bhagol,Qodim,Toni,Yudi,Kiwil,Andez dan Jawa (sodaranya Qodim)
Ketika gw tanyakan keadaan Papay dan abadi,mereka Cuma bilang tenang aja.
“udah balik mereka naek taksi,dijemput sama bokapnya Badi”jawab mereka menenangkan.
Gw yang masih agak bingung dengan kejadiannya segera aja bertanya lagi.Tapi jawaban yang keluar pertama kali hanyalah sebuah diam.
“Eh..eh serius neh,gimana seh sebenernya”Tanya gw lagi
“Jadi gini te,lo tahu kan pas kita kumpul tadi sore”Bhagol berusaha menjelaskan terlebih dulu.
“Iya,emang kenapa”jawab gw disertai sebuah anggukan tanda mengerti
“Nah dari cerita nyokapnya papay (saat itu papay udah ngasih kabar lewat telepon umum) ternyata itu bocah berdua udah terkena hipnotis saat ngobrol dengan kita tadi sore”ujar Bhagol lagi
Hening sejenak
“Bwahahahahahahahahaha.......... . .. . . . .”
Lalu meledaklah tawa dari kami semua,sebuah tawa tanda kelegaan juga sebuah keheranan??
Yuph..kok bisa seorang seperti papay!!
Anak-anak malah makin ketawa aja pas ngebayangin muka papay tadi sore.
Belum lagi hal hal lucu yang mereka temui ketika di rumah Papay.Yuph seperti halnya ke gw,anak anak juga ternyata diceritain masa kecilnya Papay sama nyokapnya.
Reaksi anak anak sama aja sama gw??bingung dan Cuma bisa dengerin aja.
Setelahnya kami baru tahu cerita yang sesungguhnya ketika kami bertemu dengan Papay dan Badi.
Mereka bercerita,saat itu mereka berdua ketemu seseorang yang saat itu mencari Pak Nanang (salah seorang guru di sekolah kami) yang juga merupakan pembina dari eskul PA.
Nah saat itu mereka seh percaya aja dan tanpa sadar udah masuk perangkap dan terhipnotis.Saat udah terkena hipnotis itulah,si pelaku kemudian menyuruh mereka berdua melakukan perintahnya yaitu mengambil barang berharga dari teman teman yang saat itu masih ada disana.
Korbannya saat itu adalah Daniel,yang saat itu hapenya berhasil dipinjam Papay untuk kemudian dibawa sama pelaku.
Waktu kejadian si pelaku ngumpet di taksi dan menunggu hasil dari Papay dan Badi.Nah lucunya tuh taksi itu ada tepat di seberang kami semua yang saat itu sedang ngumpul dan mengobrol sampai sore di depan sekolah.
Bahkan si Papay sama Abadi juga sempat nimbrung bareng sama kami.Dan anehnya padahal saat itu mereka berdua udah kena dihipnotis tapi reaksi yang terlihat pada saat itu yah biasa banget dan ga terlalu mencolok.
Bener bener ga kaya orang dihipnotis..ckckck
Tapi tetep ada 1 hal yang gw heran pada saat itu,si papay kok tumben tumbenan pendiem banget dan ga terlalu banyak ngomong.Belum lagi dia sering pinjam sesuatu dari anak anak.
Ternyata....!!
Lalu mereka berdua bercerita lagi,kalo pada akhirnya mereka berdua disuruh ikut pergi naek taksi.
Entah dimana si penculik memutuskan berpisah sama mereka berdua,tapi sebelum berpisah si penculik sempat berpesan sama supir taksinya agar kedua anak ini diturunkan di daerah UKI.
Pas sampai UKI mereka pun diturunkan.Dan apesnya adalah “SI PENCULIK BELUM BAYAR ONGKOS TAKSINYA”.
Pembaca yang budiman,kebayang ga dalam keadaan bingung,linglung,ga inget apa apa,semua benda berharga dirampas eh malah dituntut sesuatu yang kita ga inget melakukannya sama sekali.
Heemmm.......!!!!!!
Yah pada akhirnya mereka berdua selamat dari angkara murka supir taksi setelah bokapnya Badi datang dan menjemput mereka (dan tentunya bayarin ongkos taksinya).
Satu hal yang paling disyukuri bahwa papay dan Badi ga sampai ternodalah sama penculiknya :P
Yang jelas esoknya,Abadi sama Papay malah jadi bahan ledekan sama anak-anak semua (benar benar sahabat yang baik yah :P).
Khusus Papay,anak anak malah jadi lebih tahu tentang dia gara gara kejadian itu..ahahahaha
Adalah hal yang menyenangkan punya sahabat kaya Papay,segala situasi pasti akan lebih rame dengan kehadirannya.
Dengan dia,segala situasi malah jadi terasa mudah.
Papay juga orangnya ga ribet,sederhana dan apa adanya walau kadang sedikit kelihatan edan ^^v

> TONI PURNOMO : Biasa dipanggil Toni.Orang asli gunung Kidul !!
Seorang The Blues,nama fans dari klub asal Inggris yaitu Chelsea (klub kaya raya minim prestasi..hehe)
Sama seperti gw,Toni adalah perokok pasif.
Yuph di Rasta Pala Cuma gw dan Toni yang ga ngerokok.
Toni adalah tipikal orang yang pemalu,jujur,baik,pekerja keras dan mandiri.Tapi terkadang dia Masih suka ragu sendiri..hehe
Di antara anak anak yang lain Toni paling rajin dan jago masak.
Yah pokoknya kalo ada bahan makanan serahin ke Toni aja,biar selanjutnya dia yang ngurus..hehe
Diantara anak-anak yang lain dialah yang paling gw percaya kalo soal janjian.
Orangnya cenderung ga bisa nahan diri,dalam hal ini kalo melihat barang yang dia suka.
Toni rela walaupun harus meminjam lebih dulu,buat dia yang penting bisa memiliki barang itu terlebih dahulu.
Dia juga ga terlalu bisa menahan diri kalo lagi bete,orangnya pasti akan selalu ngajak jalan.
Entah kemana yang penting jalan dulu kata dia mah!!
Walau begitu Toni juga orangnya gampang ngantukan,pokoknya kalo lagi ngumpul jangan suka kasih lahan buat tidur sama bantal yang empuk.
Udah pasti molor itu anak (walau ga separah Andi seh)
Kalo Bhagol itu Slankers,Toni adalah seorang OI (Orang Indonesia,sebutan fans dari Iwan Fals).
Gw banyak tahu lagu bang Iwan dari Toni,padahal bisa dibilang gw dulu ga tahu sama sekali.
Walau agak ketus Toni tuh bener bener temen yang baik,ga pernah perhitungan dalam memberikan/melakukan sesuatu.
Pertama kali punya hape sendiri tuh gw beli dari dia,walau bayarnya harus nyicil tapi dia ga pernah ngeluh apalagi mempersoalkan.
“Yaudah lo pake aja dulu”ujarnya kala itu
Orang terdepan kalo lagi ada teman yang kena musibah/butuh bantuan.Dia pasti dengan segera menghubungi anak anak.
Untuk masalah perempuan,Toni juga memiliki sifat yang hampir sama kaya gw.
Ga terlalu mau menggembar gemborkan bangetlah(baik itu cewenya atau dalam hubungannya),biarpun itu ke anak anak sendiri.Tapi jujur aja,ampe sekarang gw ga terlalu paham sama tipikal cewenya dia.
Misterius..wkwkwkwk
Rumahnya di daerah kecapi,anak anak sering berkumpul di daerah ini setiap minggunya karena memang main futsal disana.
Yuph tiap minggu (Selasa dan Sabtu) kami biasa bermain futsal disana.
Tapi berkumpulnya bukan di rumahnya Toni tetapi di Sablon depan,kepunyaan dari teman kami yaitu Bencek dan Brows Q (yang merupakan saudara dari Toni).
Di kecapi Toni mempunyai banyak saudara,bahkan teman sekolah kami yaitu Toro dan Tari.
Keluarganya juga sangat welcome sama anak anak,yah udah kenal bangetlah sama kami semua.
Kenal banget kalo kami datang kesana Cuma buat nyusahin doang..ahahaha ^^
Kalo lagi jalan bareng anak anak,Toni adalah orang yang paling siap.Tapi dia juga termasuk salah satu orang yang paling kelihatan betenya kalo ada sesuatu yang ga sreg sama dia.
Sederhana,pekerja keras,rendah hati dan ga muluk muluk.
Itulah hal yang selalu gw pelajari dari diri Toni.

> YUDI WIJAYA : Biasa dipanggil Kecil atau Iduy sama anak anak.Dipanggil kecil karena merujuk kepada tubuhnya yang emang agak kurang (tinggi)..hehe ^^v
Ga sekecil ucok babalah,Cuma kalo dibandingin sama anak anak yang lain emang Iduy yang paling pendek tingginya.
Wajahnya rupawan,kalo lagi duduk mirip banget sama Ariel “peterpan” tapi kalo udah diri...???
Yah yang jelas abislah dicengin sama Andi..ahahaha
Biar kecil tapi punya pengalaman hidup paling banyak diantara anak anak yang lain.Dari berantem di Senen,ngejar tuyul,pacaran tak direstui,balapan liar,ribut sama rekan kerja.....wuih banyak dah pokoknya!!!
Kecil kecil tua..hihihihi ^^v
Iduy juga multi talent,dari jadi tukang cukur sampai jadi tukang pijit semua fasih dia lakoni.
Cukurannya bahkan udah tembus pangsa internasional...hahaha kalah Jhonny Andrean :P
Iduy tuh termasuk tipikal orang yang keras,bandel,ga sabaran,sedikit liar dan gampang emosian.Walau dari luar terlihat kalem,tapi dia termasuk orang yang paling sering galau hatinya.
Maklumlah namanya juga ababil.
Iduy termasuk tipikal cerdas,banyak tahunya dah pokoknya.Dia termasuk orang yang paling cepat belajar.
Punya adik perempuan yang cantik dan jadi rebutan para ababers di Rasta Pala yang bernama Uwie..hehe ^^v
Iduy adalah orang yang jujur,terbuka dan apa adanya.
Sesuai dengan wataknya yang keras,kalau ada sesuatu yang dia ga suka akan langsung dia katakan.Mungkin pengecualian terhadap sahabat sahabatnya aja,biasanya akan dia tahan.
Rumahnya adem,enak kalo ngobrol disana.Kekurangannya Cuma satu yaitu banyak nyamuk.
Untuk urusan klub sepakbola iduy sama kaya bhagol yaitu seorang Cules,fans dari klub Barcelona.Tapi ia juga menyukai Arsenal,tim pecundang asal Inggris.
Untuk urusan wanita,gw harus beri 4 jempol buat dia (bahkan kalo ada lebih dari 4 jempol mungkin akan gw beri lagi).
Jujur aja dalam hal wanita,gw masih harus banyak belajar dari dia.
Dari cara pedekate sampai memberi perhatiannya,wah wah wah benar benar seorang William Shakspeare versi Rasta Pala deh pokoknya.
Tapi paling lucu kalo dia dan Kiwil sedang bersatu dalam urusan cewe.Intinya si Kiwillah yang kenalan sama itu cewe,entah dari mana (biasanya seh lewat Facebook).
Nah seperti yang gw bilang di atas (baca tentang Kiwil),Kiwil bukanlah orang yang bisa dipercaya kalo urusan perempuan.
Pengertiannya begini,apa yang cakep menurut Kiwil belum tentu cakep di mata yang lain (bahkan kebanyakan berlawanan semua).
Sialnya buat Iduy,tiap kali Kiwil berkenalan dengan wanita pasti Iduy akan diajak dan akan disuruh maju untuk berkenalan duluan.
Biasanya Kiwil akan mengawasi dari satu tempat dan Iduylah yang akan bergerak.Nah kalo menurut Iduy cewenya Cantik maka mereka akan maju terus tapi kalo hasilnya berkebalikan biasanya si Kiwil Cuma akan menertawakan Iduy.
Iduy juga termasuk tipikal bolang sejati,diajak kemana aja mau dia mah.Gw dan Iduy pernah mengalami kesialan ketika motor yang kami kemudikan jatuh di Pantura.
Tapi seperti hal yang sudah sudah,hal itu malah dijadikan bahan lawakan oleh kami semua..ahahaaha gila yah!!
Iduy adalah orang yang selalu bersedia menemani temannya,dalam keadaan apapun sebisa mungkin dia akan selalu ada.Dia juga orang yang sangat bisa dimintai petunjuk,nasehatnya itu selalu bisa dijadikan pegangan (kadang).
Bersamanya,ga pernah ada waktu yang terbuang percuma.

Nah itulah mereka,seseorang yang selalu mengerti baik dan buruknya sahabatnya.Dalam persahabatan dengan mereka ga pernah sekalipun ada pertumpahan darah (ini persahabatan apa mau perang dar..ckckck).
Yah jadi kalaupun ada hal itu biasanya Cuma sebentar dan hanya akan jadi angin lalu buat kami.Mereka adalah orang-orang yang akan selalu menyambut kehadiran kehadiran sahabatnya.
Baik dan buruknya !!
Mereka adalah orang yang akan selalu ada untuk menjulurkan tangannya.

-___-

Rasta Pala mempunyai banyak mimpi,mimpi utama kami sebagai anak-anak Rasta Pala yaitu berpetualang seluas-luasnya.
Saat ini kami ingin sekali untuk Mendaki Gunung Semeru bersama sama.Sayang karena kendala waktu jadi belum kesampaian hingga saat ini (spik).
Hingga saat ini telah banyak hal yang kami lakukan bersama sama.
Tapi masih banyak hal yang ingin kami lakukan bersama sama,mulai dari yang benar hingga hal hal yang konyol.
Kami tak bisa menolak,bahwa diantara kami telah timbul ikatan persaudaraan.
Banyak hal yang telah kami rencanakan untuk kedepannya.Di masa depan ketika kami sudah menikah dan mempunyai keluarga masing masing.
Mulai dari wisata bersama hingga arisan keluarga.Dari membicarakan seperti apa rupa kami tua nanti hingga membayangkan anak cucu kami..ahahaha
Dan kami akan selalu tertawa sendiri jika sudah membicarakannya.
Banyak hal yang telah berjalan,bersahabat dengan mereka itu ibarat sebuah anugrah dalam hidup.
Ketika ada kekurangan mereka akan segera menutupinya.Ketika kita semakin menjauh tapi mereka akan selalu ada untuk menggenggam tangan kita.
Bertemu dan bersahabat dengan mereka adalah salah satu hal yang paling gw syukuri dalam hidup ini.

Rasta Pala Punya Cerita 14 Agustus 2011

Crunchy : Cerita ini sebenarnya udah lama menggantung di pikiran gw,sudah lebih dari setahun yang lalu mungkin.
Tapi seperti yang selalu gw bilang,bukanlah hal mudah menceritakan seorang sahabat.Terlebih lagi jika mereka sudah dianggap seperti saudara sendiri.
Mereka adalah sahabat sahabat yang luar biasa dan gw hanya merasa punya kewajiban untuk menceritakannya kepada dunia.
Karena kalau cerita ini ga selesai,maka ga akan ada cerita yang lain dari Rasta Pala.
Yuph..untuk cerita selanjutnya seperti “Awal Perjalanan”,”Menjejak Lawu” ,“Laskar Empang” hingga “Rencana” ga akan pernah ada dan selesai.
Sebuah cerita tentang kami semua “Rasta Pala”.

0 komentar:

Posting Komentar